Bersiap, Suzuki Ertiga Listrik Bakal Hadir di 2026

pada 25 hari lalu - by

Uzone.id-Suzuki makin agresif dalam memasarkan mobil-mobil elektrifikasi. Dibuka dengan mobil konsep Suzuki eVX dan dalam, dua tahun kedepan, sebuah Ertiga listrik pun siap diluncurkan.

Berdasarkan roadmap Suzuki sampai tahun 2030, akan ada banyak mobil-mobil elektrifikasi yang dihadirkan, mulai di Jepang, Eropa dan India, yang kemungkinan besar juga jadi pemasok untuk pasar Indonesia.

 

 

Untuk pasar Jepang, akan ada 6 model elektrifikasi, yang terdiri dari minivan sampai SUV. Komposisinya, 20 persen merupakan listrik murni BEV dan 80 persen berjenis hybrid.

Kemudian untuk pasar Eropa, bakal ada 5 model juga terdiri dari mini van, MPV sampai SUV. Kebalikan dari Jepang, untuk Eropa 80 persen diantaranya berupa mobil listrik murni BEV, sisanya 20 persen hybrid.

Lalu untuk pasar India akan tersedia 6 model dengan komposisi listrik murni BEV sebanyak 15 persen, kemudian hybrid sebanyak 25 persen dan masih ada mesin bakar ICE sebesar 60 persen.

Jajaran mobil-mobil yang menarik dan dinanti untuk hadir di Indonesia adalah Grand Vitara hybrid dan menariknya, bakal berkonfigurasi tiga baris kursi alias 7 penumpang.

Kemudian ada Baleno hybrid HEV dan juga Swift facelift hybrid. Lalu Suzuki Fronx listrik dan hybrid, yang salah satunya kemungkinan besar juga bakal hadir di Indonesia.

Suzuki juga bakal menghadirkan Ertiga listrik pada tahun 2026 yang dikembangkan bersama dengan Toyota, alias saling berbagi platform.

 

 

Di Indonesia sendiri, Suzuki baru saja menghadirkan versi konsep dari mobil listrik eVX, berjenis kompak SUV yang dijanjikan untuk hadir versi produksi massalnya mulai awal tahun depan.

Apakah langkah Suzuki ini merupakan pertanda Jepang mulai bangkit untuk menghadirkan mobil-mobil elektrifikasi? Kita nantikan saja.