Besok Ujian CPNS, Ini Bocoran Materi yang Harus Kamu Kuasai!

pada 6 tahun lalu - by

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dilaksanakan serentak, Jumat (26/10/2018), para pendaftar yang telah lolos seleksi administrasi berhak mengikuti ujian tahap selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang berbasis komputer, Computer Assisted Test (CAT).

Pada tahap ujian SKD peserta akan mengisi soal-soal dari materi yang diujikan. Tahap ini merupakan bagian yang cukup sulit karena banyak materi yang diujikan.

Bagi Anda yang akan mengikuti ujian besok, persiapkan diri dengan baik dan jangan lupa belajar. Nah, untuk mengetahui apa saja materi soal yang akan diujikan, berikut sedikit bocoran yang dirangkumSuara.comdari Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdapat 3 aspek yang diuji, yaitu: 1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 2. Tes Intelegensia Umum (TIU) 3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Masing-masing dari ketiga aspek tersebut akan mimin bahas secara mendalam,” demikian bunyi cuitan Twitter BKN.

Untuk Tes Wawasan Kebangsaan dalam SKD, perseta seleksi CPNS akan diuji tentang hal seperti Pancasil, Udang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Nasionalisme, Intergritas, Bela Negara, Pilar Negara, dan Bahasa Indonesia.

“Mengapa ini perlu? Karena kalian (peserta) adalah calon perekat NKRI, penjamin kesatuan & persatuan bangsa,” bunyi tweet lainnya.

Selanjutnya Tes Intelegensia Umum dalam SKD dibuat untuk mengukur seberapa cakap peserta dalam logika, verbal, figural & analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru. Ingat, kalian adalah calon smart ASNers.

Tes Intelegensia Umum dalam SKD meliputi, kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan figural, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis.

Terakhir adalah Tes Karakteristik Pribadi dalam SKD bertujuan melihat kemampuan peserta beradaptasi, bekerja secara tim, IT, pelayanan, karakter, integritas, kemampuan menahan sebaran hoax & SARA dan lain sebagainya.

“Adapun Tes Karakteristik Pribadi dalam SKD yaitu mencakup seputar Sosial budaya, reativitas dan inovasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berpartisipasi, kemampuan menggerakan dan mengkordinir orang lain, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, pelayanan publik, teknologi, informasi, dan komunikasi, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemapuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri, dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, serta orientasi pada pelayanan,” papar akun resmi BKN.

Jadi persiapkan diri kamu dengan menguasai semua materi sebelum ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

 

Berita Terkait: