Bibir Pecah-pecah Saat Puasa, Lakukan Ini

pada 7 tahun lalu - by

Masalah yang kerap dialami orang saat puasa adalah, kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah. Penyebabnya tentu saja kurangnya asupan cairan selama berpuasa atau juga disebut dehidrasi.

Agar bibir pecah-pecah tak mengganggu aktivitas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Menurut dokter kecantikan Fadila Zitria, pertama, hindari konsumsi minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi atau bersifat dieuretik seperti teh, kopi, minuman berenergi dan bersoda saat sahur.

Beberapa jenis minuman tersebut dapat memicu buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh berkurang. Sedangkan puasa tak memungkinkan Anda untuk minum selama 13 jam.

"Pola konsumsi juga harus diperhatikan. Perbanyak asupan sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung air, vitamin dan mineral," ujar dia pada temu media yang dihelat Vienna Kosmetik, Senin (12/6/2017).

Selain itu, perhatikan produk perawatan bibir yang Anda gunakan. Pasalnya kata dia, ada beberapa bahan kosmetik yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, salah satunya varian lipstik yang memberi kesanmatteatau kering.

"Sering-sering gunakanlipcareyang kandungan pelembapnya tinggi. Jangan hanya cari yang aromanya enak saja," imbuh dia.

Madu juga bisa digunakan untuk mencegah maupun mengatasi bibir pecah-pecah selama bulan puasa. Anda hanya perlu mengaplikasikan madu secukupnya dan bibir akan terasa lembap.

Selamat mencoba!

 

Berita Terkait: