Bikin Podcast di Spotify Bisa Makin Cuan, Begini Caranya!

pada 4 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id –Selain menyajikan jutaan lagu, keunggulan Spotify adalah sajian podcast yang tak hanya berformat audio, namun juga video. Tak disangka, kreator konten video di Spotify telah tumbuh hampir 70 persen dari tahun ke tahun. 

Spotify mencatat hampir 1 dari 4 pengguna aktif bulanan ataumonthly active users(MAU) global telah menggunakan video untuk konten mereka. Secara global, MAU podcast video telah mengalami pertumbuhan sebesar 40persendari tahun ke tahun.

 

 

Tak hanya itu, Spotify juga mencatat kenaikan 100.000 konten video podcast dibandingkan tahun lalu. Kini, ada lebih dari 250.000 acara podcast video dengan lebih dari 170 juta pengguna yang menonton. Serta, 70persenpengguna yang teridentifikasi mengkonsumsi podcast video menontonnya pada latar depan.

Pertumbuhan pengguna dan pendengar podcast video yang pesat sejalan dengan langkah terbaru dari Spotify. Kini, Spotify meluncurkan program mitra bernama Spotify Partner Program. 

Lewat program tersebut, kreator dapat memonetisasi konten video dan audio yang diunggah sehingga memungkinkan kreator untuk mendapatkan penghasilan.

 

 

Bagi yang belum tahu, setidaknya ada dua cara agar kreator bisa mendapatkan penghasilan dari unggahannya di Spotify, berikut penjelasannya.

  1. Premium Video Revenue 

Premium video revenue atau pendapatan video premium merupakan program di mana Spotify akan membayar kreator berdasarkan banyaknya pengguna berbayar (Spotify Premium) yang menonton konten video podcast. 

Namun, monetisasi pendapatan video premium baru tersedia di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Australia pada 2 Januari 2025 mendatang. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut kapan kebijakan ini akan diterapkan di pasar Indonesia dan negara lain.

Selain Amerika Serikat, Spotify mencatat jika pasar terbesar bagi kreator yang menerbitkan video adalah Brasil dan Meksiko. Di Brazil, sekitar 20 persendari semua kreator podcast aktif bulanan menerbitkan video, serta jam video mencapai lebih dari 15 persen dari total jam konsumsi podcast.

  1. Pendapatan melalui iklan

Bukan hanya premium video revenue, kreator Spotify Indonesia dapat memanfaatkan iklan untuk mendapatkan penghasilan. Pada laman Support Spotify tertulis jika kreator yang bergabung dengan Program Mitra Spotify akan memperoleh 50 persenbagian setiap kali iklan diputar dalam video.

Untuk memperoleh penghasilan, kreator harus memasukkan setidaknya satu jeda iklan ke dalam satu episode. Setelah jeda iklan disisipkan, Spotify for Creator dapat menayangkan iklan bertarget pada episode tersebut atau diunduh pada platform mendengarkan podcast lainnya.

Berikut syarat agar kreator dapat bergabung pada program monetisasi untuk mendapatkan penghasilan dari Spotify: 

  1. Kreator perlu meng-host acara via Spotify for Creators.
  2. Tinggal di wilayah yang menyediakan program Spotify Partner Program.
  3. Sudah merilis setidaknya 12 episode.
  4. Mencapai setidaknya 10.000 jam konsumsi di Spotify dalam 30 hari terakhir.
  5. Mencapai setidaknya 2.000 orang yang telah streaming di Spotify dalam 30 hari terakhir.