Bisakah Kamera Smartphone Gantikan DSLR? Ini Kata Fotografer Pro

pada 10 bulan lalu - by

Uzone.id -Kamera dismartphonesekarang sudah canggih-canggih. Pakai sensor kamerahigh-end, dilengkapi teknologi berbasis AI (artificial intelligence) yang mutakhir, hingga chip pencitraan yang bisa memproses puluhan gambar dalam sekalishutter. Pertanyaannya, apakah kamerasmartphonebisa gantikan DSLR?

Pertanyaan yang wajar banget dilontarkan, apalagi melihat makin inovatifnya teknologi kamera dismartphonesekarang. Malah, saat ini segelintir brand menggandeng pabrikan kamera langsung untuk meningkatkan kualitas kamera yang disematkan padasmartphone-nya.

Menurut pandangan fotografer profesional, Sharon Angelia, lama-kelamaan kamerasmartphonebisa saja menggantikan peran kamera DSLR. Seringkali, ia dimanjakan dengan hasil foto yang diambil oleh kamerasmartphone, dimana kualitasnya sudah hampir menyamai kamera pro.

“Saya kadang ketakutan sendiri lama-lama orang bisa jadi fotografer dengan kualitas kamera seperti ini,” katanya, saat berbincang dengan timUzone.iddi sela-sela acara Oppo APAC Vitality Imaging Tour, di Bali, beberapa waktu lalu.

 

 

Terlebih, Sharon berpendapat kalau orang-orang sudah tidak lagi mementingkan soal perangkat apa yang digunakan untuk memotret sebuah momen. Sekarang, mereka hanya ingin tahu tentang bagaimana cara mengabadikan momen dengan baik untuk dibagikan kembali di sosial media.

“Sekarang mereka cuma liat bagaimana cara orang menangkap momen. Sudah tidak lagi ‘pakai kamera apa?’, jangan banget,” jelasnya.

Computational photography jadi penentu

Senada dengan Sharon, hal ini juga disampaikan PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto. Menurutnya, kemampuancomputational photographyberbasis AI yang semakin canggih membuat kamerasmartphonebisa menghasilkan gambar dengan mutu yang lebih baik.

Apalagi dipadukan dengan sensor ataupun lensa kamera yang berteknologi tinggi, tak menutup kemungkinan orang-orang akan meninggalkan kamera DSLR dan beralih memakaismartphonedengan konfigurasi kamera yangproper.

 

 

“Kita tidak berandai-andai melawan kamera DSLR, tapi untuk mengejar kameramirrorlessbisa saja dengan adanyacomputational photographyberbasis AI yang semakin pintar lagi,” pungkasnya.

Oppo sendiri menjualsmartphoneyang diklaim sebagai salah satu yang terbaik di sektor kamera oleh situs DxOMark, yakni Oppo Find X6 Pro. Ponsel ini mengombinasikan tiga kamera belakang 50 MP dengan teknologi Hasselblad dan chip NPU MariSilicon X untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang diambil dari berbagaiangle.