Bocoran Spek Asus Zenfone 11 Ultra yang Mau Rilis di Indonesia

07 February 2024 - by

Uzone.id - Beberapa waktu lalu beredar kabar kalau Asus tengah mempersiapkan seri ponsel terbaru, namanya Asus Zenfone 11 Ultra. Smartphone ini digadang akan mengusung konsep yang berbeda ketimbang seri Zenfone yang rilis di Indonesia sejauh ini.

Advertising
Advertising

Pasti kalian tahu, ciri khas dari Asus Zenfone adalah ponsel yang ringkas dan nyaman digenggam. Bentangan layarnya tak lebih dari 6 inci, bobotnya juga dibuat ringan, tapi tenaganya sudah pasti gahar berkat prosesor generasi terbaru.

Nah, Asus Zenfone 11 Ultra sendiri akan menawarkan layar yang lebih besar. Berdasarkan bocoran yang disebat salah seorang pengguna di forum Reddit dengan akun Td3v1l, Asus Zenfone 11 Ultra punya desain yang mirip seperti Asus ROG Phone 8 Pro.

Perbedaan terbesarnya, desain smartphone ini dibuat lebih mainstream, tak ekstrem seperti smartphone gaming tersebut. Bisa jadi, lewat Zenfone 11 Ultra, Asus dapat merangkul pengguna yang lebih luas yang ingin ponsel dengan spesifikasi khas smartphone gaming tapi dengan desain yang tak terlalu mencolok.

Pengguna Reddit itu pun membagikan lembar spesifikasi dari Asus Zenfone 11 Ultra. Smartphone ini mengusung layar yang sama seperti ROG Phone 8 Pro, hanya refresh rate-nya saja yang diturunkan menjadi 144Hz alih-alih 165Hz.

 

Baca Juga :

Asus Zenbook OLED 14 Dibanderol Mulai Rp17 Jutaan, Sudah Pakai AI
 

 

Layarnya sama-sama LTPO AMOLED seluas 6,78 inci dengan resolusi Full HD+. Ada punch hole di bagian atasnya sebagai tempat bagi kamera selfie 32 MP.

Kamera belakangnya pun mirip, yakni tiga kamera belakang dengan konfigurasi, kamera utama 50 MP Sony IMX890 dengan gimbal-OIS, kamera ultrawide 13 MP, serta kamera telephoto 32 MP dengan OIS dan kemampuan 3x optical-zoom.

Soal dapur pacu, Asus Zenfone 11 Ultra punya kekuatan yang setara dengan ROG Phone 8 Pro. Prosesornya Snapdragon 8 Gen 3, dengan RAM LPDDR5X dan memori penyimpanan berjenis UFS 4.0. 

 

Baca Juga :

Review Nubia Redmagic 8S Pro: Kinerja Impresif Buat si Gamer Hardcore
 

 

Kapasitasnya memang berbeda, dimana Asus Zenfone 11 Ultra hanya maksimal 16 GB untuk RAM dan 512 GB untuk ruang penyimpanan internalnya. Untuk diketahui, Asus ROG Phone 8 Pro mengusung RAM sampai 24 GB dengan storage 1 TB.

Kapasitas baterainya juga identik, yakni 5.500 mAh yang didukung fast charging 65W dan wireless charging 15W. 

Soal warna, Asus Zenfone 11 Ultra memiliki beberapa opsi, yakni Eternal Black, Skyline Blue, Misty Gray, Verdue Green, dan Desert Sienna. Tentu saja, tak akan ada logo ROG dengan efek RGB pada bodi belakangnya.

Sudah lolos TKDN dan Postel di Indonesia

Asus Zenfone 11 Ultra besar kemungkinan akan diluncurkan juga di Indonesia. Smartphone terbaru Asus itu telah mengantongi sertifikasi dari TKDN Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Postel dari Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Ponsel dengan nomor model ASUS_AI2401_H itu sudah mengantongi sertifikat TKDN dengan nilai 35,10 persen. Sementara di situs e-Sertifikasi Postel, Asus Zenfone 11 Ultra mendapatkan izin dengan nomor sertifikat 96725/SDPPI/2024.

 

Baca Juga :

Asus Siapkan Zenfone 11 Ultra, Kembarannya ROG Phone 8?
 

 

Tim Uzone.id telah meminta konfirmasi kepada perwakilan Asus Indonesia. Melalui pesan singkat, Advent Jose selaku Asus Indonesia Mobile Phone Product Marketing enggan memberikan komentar lebih lanjut.

Ia hanya mengatakan bahwa perusahaan berkomitmen untuk menghadirkan perangkat teknologi yang mumpuni dan berkualitas untuk pengguna di Indonesia. 

“Tidak terkecuali dalam hal smartphone, iterasi atau perangkat penerus pastinya akan selalu memiliki keunggulan spesifik dan khusus, baik secara teknologi, fitur, desain, user experience dimana muaranya adalah demi kenyamanan penggunaan yang maksimal,” katanya.