Bolehkah Melakukan Suntik KB Saat Puasa?

pada 7 tahun lalu - by

Suntik KBadalah salah satu metode kontrasepsi yang biasa digunakan untuk menunda kehamilan. Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, suntik KB memiliki beberapa kekurangan dan tidak disarankan bagi wanita yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Lantas, jikajadwal KBAnda bertepatan pada bulan puasa, bolehkah suntik KB saat puasa? Hal apa saja yang harus diperhatikan? Ini jawabannya.

Jenis suntik KB yang ada di Indonesia

Suntik KB adalah kontrasepsi hormonal yang disuntikkan pada bagian tertentu tubuh seperti lengan atas, paha, atau bokong. Setelah disuntikkan, kadar hormon akan meningkat dan kemudian menurun secara bertahap hingga suntikan selanjutnya.

Di Indonesia, berdasarkan jangka waktu, terdapat dua jenis suntik KB yang paling umum digunakan, yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Suntikan KB 3 bulan mengandung hormon progestin, sementara suntikan KB 1 bulan mengandung kombinasi hormon progestin dan hormon estrogen, dengan kadar progestin yang lebih rendah.

Lalu, bagaimana jika jadwal suntik KB Anda bertepatan dengan bulan puasa, bolehkah suntik saat puasa? Siapa saja yang boleh dan tidak boleh melakukan suntik saat puasa?

Jika Anda memakai suntik KB 1 bulan

Sesuai namanya, KB ini disuntikkan setiap 30 hari sekali. Suntik KB ini bekerja dengan menghentikan pelepasan sel-sel telur dari rahim dan juga membuat cairan vagina menebal sehingga mencegah sperma bertemu dengan sel telur. Selain itu suntikan ini juga mempertipis dinding rahim sehingga mempersulit implantasi sel telur.

Jika tidak terlambat diberikan, suntikan KB bulanan ini efektif menunda kehamilan hingga 99%. Jika jadwal suntik KB Anda jatuh saat bulan puasa, Anda pasti kebingungan dengan pertanyaan bolehkah suntik saat puasa? Secara medis, Anda tidak dilarang untuk melakukan suntik KB saat puasa. Jika Anda menginginkan jawaban dari sisi agama, Anda bisa menanyakan hal ini secara langsung kepada ahli agama.

Namun yang jelas suntik KB saat puasa tidak dilarang dari sisi medis. Namun tidak semua wanita dapat menerima suntikan tersebut. Suntik KB 1 bulan ini sebaiknya tidak diberikan pada:

  • Ibu yang sedang menyusui bayi kurang dari 6 bulan.
  • Wanita dengan tekanan darah tinggi.
  • Perokok atau penderita migrain, terutama yang berusia 35 tahun ke atas.
  • Pengidap beberapa penyakit sepertikanker payudara,gangguan hati,penyakit jantungatau pembuluh darah.
  • Untuk mendapatkan hasil optimal, suntikan sebaiknya diberikan tepat waktu dan secara teratur. Jika terlambat lebih dari 7 hari dari jadwal seharusnya, maka sebaiknya gunakan kondom atau tidak berhubungan seksual hingga suntikan berikutnya.
  • Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gangguan setelah suntikan KB.

Jika Anda memakai suntik KB 3 bulan

Suntik KB 3 bulan bisa disuntikkan ke bokong atau di lengan atas. Ada juga yang disuntikkan ke lapisan kulit di area perut atau paha atas. Suntikan KB 3 bulanmencegah kehamilandengan melepaskan hormon progestin ke dalam pembuluh darah.

Progestin adalah hormon yang serupa dengan progesteron, yaitu hormon yang diproduksi ovarium. Progestin dalam suntik KB 3 bulan bekerja dengan menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim sehingga mencegah terjadinya pembuahan.

Selain itu, hormon ini juga mencegah sperma untuk mencapai sel telur dengan menebalkan cairan vagina dan mencegah pertumbuhan janin dengan menipiskan dinding rahim. Tidak ada larangan untuk Anda dari sisi medis, melakukan suntik KB 3 bulan ini saat puasa. Akan tetapi suntik KB 3 bulan tidak tepat digunakan pada beberapa kondisi berikut:

  • Wanita yang merasa dirinya sedang hamil.
  • Wanita yang ingin siklus menstruasinya tetap teratur.
  • Wanita yang mengalami migrain, gangguan hati, pembekuan darah, memiliki riwayat penyakit jantung, pendarahan di antara masa menstruasi, diabetes dengan komplikasi, kanker payudara, atau berisiko tinggi mengidap osteoporosis.

Nah, sekarang Anda sudah tahu, jawaban dari pertanyaan bolehkah suntik saat puasa? Selama Anda tidak memiliki kondisi tertentu yang telah disebutkan. Anda tetap boleh melakukan suntik KB meskipun sedang berpuasa.

The postBolehkah Melakukan Suntik KB Saat Puasa?appeared first onHello Sehat.