Branding 'Wonderful Indonesia' Peringkat ke-47 di dunia

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata, Kementerian Pariwisata RI, Watie Moerany mengatakan saat inibrandingpariwisata IndonesiaWonderful Indonesiasemakin populer dan itu terlihat pada peringkatnya yakni menduduki posisi ke-47 dunia.

"Pada tahun sebelum - sebelumnnyaWonderful Indonesiaberada di peringkat 100-an dari seluruh negara di dunia. Namun mulai tahun 2016 sudah naik ke peringkat ke-47," ujarnya saat sosialisasibrandingPesona Indonesia di Pontianak.

Watie menyebutkan dengan sudah semakin populernyabrandingtersebut membuat Kementerian Pariwisata sudah mulai fokus kepada promosi destinasi wisata dan penjualan paket wisata.

"Anggaran sebelumnya untukbrandingsebesr 30 persen dan promosi 20 persen. Namun saat ini sudah terbalik yakni lebih besar promosi. Sedangkan untuk penjualan tetap 50 persen. Kita sekarang bisa fokus ke promosi, karenabrandingkita sudah dikenal," sebutnya.

Ia menambahakan saat ini promosi berkesinambungan dalambrandingpariwisata Pesona Indonesia telah dilakukan secara massif. Tidak hanya oleh pemerintah dan pelaku bisnis wisata, melainkan oleh masyarakat sendiri.

"Ketikabranditu disuarakan banyak orang akan makin menyebar secara luas. Denganbrandtersebut, pariwisata Indonesia akan mudah dikenal, diingat dan identitasnya jelas.BrandPesona Indonesia digunakan di dalam negeri. Sedang untuk ke luar negeri memakaiWonderful Indonesiadengan logo Burung Garuda," kata dia.

Sasaran daribrandingtersebut dikatakannya secara umum masyakat luas, tapi juga ditekankan bagi akademisi, pemerintah, media, industri pariwisata dan komunitas.

Berita Terkait: