Bremm Journey 2023: Aksesori Smartphone Wajib Biar MudikNo Drama

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Mempersiapkan banyak hal untuk perjalanan mudik lebaran sangatlah penting, termasuk menyiapkan aksesoris pendamping untuksmartphone. Kebutuhan untuk ngecas, hiburan, dan lainnya harus jadi perhatian, terutama buat kalian yang mudik lebaran dengan jarak tempuh yang begitu jauh.

Seperti yang dilakukan timUzone.iddalam episode Bremm Journey 2023 kali ini, Kami menyimulasikan perjalanan mudik jalur darat dari Jakarta ke Palembang menggunakan mobil listrik. 

Bukan saja penuh drama lantaran harus mencari SPKLU terdekat saja, tapi perjalanan dengan jarak tempuh 532 km itu juga memberikan pelajaran betapa pentingnya mempersiapkan aksesoris pendampingsmartphoneagar perjalanan tetap nyaman.

Maklum,smartphonesudah menjadi perangkat primer atau umum yang menemani aktivitas masyarakat, baik untuk produktivitas maupun sekadar menikmati hiburan. Pastinya gak mau dong, di tengah-tengah perjalanan baterai ponsel habis, gak ada sinyal, dan tidak bisa menikmati hiburan di tengah-tengah perjalanan?

Nah, berikut ini timUzone.idkasih beberapa rekomendasi aksesorissmartphoneyang wajib banget kalian bawa selama perjalanan mudik lebaran.

Kabel USB (USB-A to USB-C, USB-A to micro USB, USB-A to Lightning)

Ilustrasi kabel USB (Foto: Lucian Alexe/Unsplash)

Dua mobil listrik yang kami gunakan untuk perjalanan mudik dari Jakarta ke Palembang, yakni Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev. Keduanya sama-sama dibekaliport chargingmenggunakan USB-A, dan khusus Ioniq 5 mobil ini punya stopkontak di dalam kabin, tepatnya di bawah jok baris kedua.

Dengan kehadiranport charging, sebenarnya kalian gak perlu repot-repot bawapowerbanksaat perjalanan jauh. Tinggal ngecas saja di mobil,pluskecepatannya pun agak lebih cepat dibandingpowerbankstandar.

Khusus di Hyundai Ioniq 5, pengecasannya pun sudahfast charging. Namun dengan hanya tersediaportUSB-A saja, maka kalian pun harus menyiapkan kabel yang sesuai. Misal ponsel Android, maka USB-A to USB-C atau USB-A to micro USB harus dipersiapkan, begitu juga untuk pengguna iPhone yang perlu membawa USB-A to Lightning.

Headsetatau TWS

Bukan soal ngecas doang, hiburan juga harus jadi perhatian. Memang sih di tiap mobil punya sistem entertainment sendiri yang canggih-canggih, belum lagi sistem audionya yang tak jarang bikineargasm.

Tapi ada saatnya kan kita ingin punyame timesendiri di tengah-tengah perjalanan yang jarak tempuhnya masih panjang banget. Apalagi, kalau pengendara atau penumpang lainnya memutar musik yang tak sesuai selera di mobil.

Daripadaboringdan bikin gak nyaman, gak ada salahnya untuk menggunakanheadsetatau TWS untuk menikmati hiburan sesuai selera, mau musik ataustreamingfilm. Kalaupun kalian belum memiliki TWS, saat ini ada banyak tipe yang cukup populer dengan harga yang beragam, dari termurah sampai mahal pun ada.

Mobile WiFi

Gak semua operator selular optimal di sepanjang jalur Jakarta sampai Kota Palembang. Untuk jaga-jaga, sebaiknya bawa perangkat modem atau mobile WiFi biar koneksi internet tetap maksimal di sepanjang perjalanan.

Perangkat mobile WiFi juga penting buat kalian yang ingin menghemat kuota internet dan bateraismartphone. Dengan perangkat ini juga, kalian bisa berbagi akses internet ke penumpang lainnya biar asyik dan seru-seruan bersama-sama.

Smart Tag

Khusus buat orang yang lupaan, penggunaansmart tagberguna banget untuk melacak barang-barang bawaan. Kalau mudik pasti gak cuma bawa satu tas doang dong? Pasti ada oleh-oleh buat keluarga di kampung, koper untuk pakaian ganti, dan barang-barang lainnya yang dibawa.

Dengansmart tag, kalian bisa memantau barang bawaan tanpa khawatir dan repot. Tinggal taruh saja perangkat itu di koper atau tas, kemudianpairingkesmartphone.Voila! Barang-barang itu akan terus bisa dipantau via aplikasi.

Casingrugged

Last but not least,casingbuatsmartphone.Casingpada dasarnya bukan cuma memberikan kenyamanan saat pemakaian, tapi juga memberikan perlindungan tambahan buatsmartphoneyang kalian punya.

Gak ada yang tau kejadian selama perjalanan mudik. Bisa sajasmartphonetak sengaja jatuh dan menghantam kerikil yang bikin bodi baret, kesiram air minum, terkena debu-debu tajam yang bikin bodi penuh goresan, dan sebagainya.

Untuk meminimalisir kejadian tersebut, penting untuk menggunakancasing ruggedatauprotective casesesuai tipesmartphoneyang kalian punya. Apalagi, sekarang ada banyakcasingdengan sertifikasi MIL-STD-810 sesuai standar militer Amerika Serikat (AS). 

Itu dia beberapa rekomendasi aksesorissmartphoneyang harus kalian bawa dan gunakan selama perjalanan mudik lebaran, semoga bermanfaat buat kalian ya!