BRImo Pakai Telco Verify dari Telkomsel, Lindungi Akun dari Phishing
Uzone.id —Telkomsel bersama dengan BRImo berhasil menerapkan teknologi Telco Verify sebuah solusi verifikasi dan autentikasi yang diklaim lebih cepat dan aman dibanding sistem verifikasi biasa.
Telco Verify yang sebelumnya bernama Mobile Network Verification (MNV) sejak 2022, menyediakan proses verifikasi yang lebih aman serta autentikasi yang lebih cepat dan seamless bagi pelanggan saat login ke sistem tertentu, salah satunya perbankan.
“Telco Verifyadalah proses layanan on boarding dimana kita memastikan bahwasecurityatau keamanannya benar-benar terjaga. Lebih nyaman, aman, terintegrasi dengan mudah dan dapat diandalkan,” kata VP Data Solutions & Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang dalam acara Media Update Telkomsel Enterprise Telco Verify, Jumat, (25/10).
Lebih lanjut, Alfian mengungkap bahwa nasabah tak harus melakukan langkah-langkah untuk keluar dariappsaat verifikasi akun untukcopy pasteOTP atau kode unik karena dengan Telco Verify, identitas pengguna saat login ke akun mereka akan diautentikasi secara otomatis (silent verification) oleh operator jaringan seluler tanpa perlu memasukkan kata sandi atau kode One-Time Password (OTP).
“Dari sini sangat bermanfaat baru customer yaitu nasabah tak perlu melakukan verifikasi di HP tapi bisa dilakukan dibalik layar,” tambah Alfian.
Hal ini diklaim dapat mengurangi kemungkinan pengambilalihan akun pengguna melalui social engineering ataupun pembagian kode OTP yang tidak disengaja.
Di sektor perbankan, implementasi Telco Verify telah memberikan dampak positif yang nyata bagi mitra bisnis Telkomsel, seperti salah satunya Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang menjadi mitra bank pertama Telco Verify.
Sejak penerapan Telco Verify, BRI telah melaporkan penurunan signifikan dalam kasus social engineering di aplikasi BRImo. Tercatat kasus social engineering menurun hingga 70.,21 persen di BRImo semenjak pertama kali mengimplementasikan sistem ini di November 2023 lalu.
“Melalui penerapan Telco Verify sebagai teknologi keamanan terkini, BRImo memastikan bahwa setiap interaksi nasabah dengan layanan perbankan digital ini dilakukan dengan tingkat perlindungan yang tinggi, memberikan rasa aman dan kepercayaan yang lebih besar terhadap keamanan data pribadi,” kata Head of Department, e-Banking Strategy & Product Development Department Bank Rakyat Indonesia, Danang Wedhasmara.
Selain BRImo, Telco Verify juga telah digunakan untuk berbagai layanan sepertiride hailing, fintechdimana hal ini bisa membantu perusahaan untuk menghindari tindakan pengambilalihan akun oleh pengguna lain.
Tidak hanya dilakukan untuk pengguna Telkomsel saja, Alfian menambahkan bahwa Telco Verify ini bisa diterapkan ke semua provider karena Telkomsel telah bekerja sama dengan operator-operator di Indonesia untuk penerapan sistem ini.
Ke depannya, Alfian berharap kapabilitas Telco Verify dalam menghadirkan pengalaman autentikasi digital yangseamlessdengan meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanan digital bagi pelaku bisnis di seluruh Indonesia.