Bukan Cuma Cewek, Pria Juga Perlu Senam Kegel

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id –Apa yang ada di dalam pikiran kamu saat mendengar senam Kegel? Kamu mungkin mengira senam Kegel hanya untuk para perempuan. Padahal, pria boleh-boleh saja melakukan latihan ini. Bahkan, pria dengan otot dasar panggul yang lemah bisa mendapatkan keuntungan dari senam kegel.

Otot dasar panggul wanita lebih cenderung melemah setelah melahirkan. Pria juga dapat kehilangan kekuatan otot dasar panggul karena faktor penuaan. Demikian menurut urologist dan men’s health specialist, Mehran Movassaghi, seperti dikutipuzone.iddariPrevention.

Otot dasar panggul pria juga kemungkinan mengalami gangguan setelah operasi usus, operasi kandung kemih, operasi prostat, sembelit, asma dalam jangka waktu panjang, atau kebiasaan merokok.

Tapi, apa pun penyebabnya, konsekuensinya tetap tidak menyenangkan. Otot dasar panggul yang lemah dapat membuat urine menetes setelah buang air kecil, dan kamu menjadi tidak mampu menahan buang air kecil (inkontinensia).

via GIPHY

Bahkan, otot dasar panggul yang lemah dapat menimbulkan masalah di ranjang. Dengan kata lain, sesi bercinta dengan pasangan dapat terganggu. Kamu tidak ingin ini terjadi, kan?

Kabar baiknya, senam kegel dapat membantu menguatkan otot-otot dasar panggul. Bagaimana cara kerjanya?

Otot dasar panggul yang kuat dapat mendukung kerja kandung kemih dan usus besar. Pada akhirnya, hal ini dapat menghentikan kebocoran urine yang tentu menimbulkan rasa tidak nyaman.

Bila tidak memiliki masalah tersebut, kamu mungkin bisa mempertimbangkan senam kegel untuk mendapatkan hubungan seksual yang lebih bergairah dengan pasangan.

"Mengencangkan otot dasar panggul dapat meningkatkan aliran darah ke penis dan otot yang menopang penis saat ereksi," kata Movassaghi.

Sebuah studi di Inggris juga menemukan 40 persen pria dengan disfungsi ereksi dan tidak lagi mengalaminya setelah tiga bulan melakukan latihan kegel secara teratur. Menurut Movassaghi, latihan ini juga bisa mengurangi kemungkinan ejakulasi dini.

Latihan kegel sangat mudah dan tidak membutuhkan tahapan yang rumit. Dalam senam kegel, kamu hanya perlu mengencangkan dan mengendurkan otot dasar panggul. Pada dasarnya, kamu sering melakukan hal ini untuk menghentikan aliran urine di tengah buang air kecil.

Meski demikian, pria tidak disarankan melakukan latihan kegel saat buang air kecil. Sebab, hal ini berisiko menimbulkan infeksi kandung kemih. Kamu perlu mencobanya saat berdiri atau duduk.

Para ahli di Mayo Clinic merekomendasikan untuk mengencangkan otot dasar panggul selama tiga detik. Kamu bisa melakukannya sebanyak sepuluh sesi setiap hari. Lakukan tiga set untuk setiap sesi. Jangan lebih dari itu, ya, karena bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Jika merasa nyaman dengan latihan ini, kamu dapat melakukannya setiap hari. Tapi, kalau tidak yakin atau membutuhkan beberapa panduan, kamu bisa menghubungi ahli urologi.

Jadi...sudah jelaskan manfaatnya senam kegel, wahai para cowok?