Bukan di Arab, Festival Musik Khusus Wanita Digelar di Swedia

pada 6 tahun lalu - by

Statement bisa dibilang sebagai festival musik paling aman bagi perempuan. Mereka yang datang ke sana tak perlu takut digerepe atau dilecehkan secara seksual.

Sebab festival musik di Swedia itu diselenggarakan hanya untuk perempuan.

Komedian Swedia baru mengumumkannya pada Minggu (19/11). Sang koordinator, Emma Knyckare menjelaskan, Statement adalah festival musik yang digelar selama dua hari. Festival itu baru akan digelar untuk pertama kalinya di barat Gothenburg pada musim panas mendatang.


Di festival itu, perempuan boleh berpesta dan minum sampai mabuk tanpa khawatir.

“Bersama kami membuat pernyataan melawan kekerasan seksual dengan menciptakan ruang aman bagi para perempuan, serta orang-orang nonbiner dan transeksual yang ingin mendatangi festival dan merasa aman di waktu yang sama,” Knyckare berkicau melalui Twitter.

“Kami tidak berpikir itu permintaan yang terlalu banyak!” lanjutnya.

Dilaporkan kantor berita AFP, tindakan itu diambil setelah festival musik terbesar di Swedia, Bravalla dibatalkan karena ada komplen terkait pelecehan seksual dan pemerkosaan.


Polisi menerima empat laporan pemerkosaan dan 23 laporan pelecehan seksual, yang membuat festival itu tidak diadakan pada 2018. Laporan itu adalah hasil festival Juli lalu.

Itu bukan yang pertama terjadi.

Pada 2016, media lokal memberitakan bahwa lima perempuan mengaku diperkosa di festival yang digelar selama empat hari itu. Konsep festival itu memang memungkinkan pengunjungnya menginap di tenda-tenda. Festival itu dihadiri ribuan orang tiap tahunnya.


Meski Statement baru dibuka tahun depan sebagai respons atas dibatalkannya Bravalla, penyelenggaranya berharap festival mereka tidak untuk selamanya. “Harapan kami, festival seperti Statement, sebuah ruang bebas dari pelecehan seksual, tidak diperlukan lagi.”

Namun, mereka melanjutkan, masyarakat saat ini masih membutuhkannya.

“Itulah kenapa kami membuat festival ini,” lanjut mereka.

Sejauh ini, belum ada pengumuman siapa saja yang bisa disaksikan di festival itu dan berapa harga tiket masuk untuk festival selama dua hari di tanah lapang.

Berita Terkait