Bukan Hanya Mamalia, Laba-Laba juga Bisa Menyusui

pada 5 tahun lalu - by

Menyusui biasanya dilakukan oleh mamalia karena mereka memiliki kelenjar mamae yang dapat memproduksi air susu. Namun, sebuah riset terbaru di jurnalSciencemenemukan laba-labaToxeus magnusjuga bisa menyusui anak-anaknya.

Sekilas, makhluk berkaki delapan yang disebut laba-laba pelompat ini memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan semut. Induk laba-labaToxeus magnusbiasa menelurkan 2 hingga 36 butir telur dalam sekali proses.

Dalam studi di lapangan, para peneliti mengamati spesies laba-laba pelompat yang sarang pembiakannya terdiri dari beberapa individu besar, dengan dua atau lebih dewasa, atau satu betina dewasa dan beberapa remaja.

Ilmuwan dari Xishuangbanna Tropical Botanical Garden (XTBG) di Chinese Academy of Sciences mengaku kebingungan ketika mereka melihat perilaku menyusui ini. Mereka menemukan sebuah sarang berisi beberapa laba-laba dewasa dengan beberapa anak.

"Ini adalah pengamatan yang membingungkan untuk spesies yang dianggap nonkolonial. Mungkin laba-laba pelompat memberikan perawatan pada anak mereka dalam waktu lama atau anak-anak mereka belum menyebar. Kami memutuskan untuk mengujinya," kata Dr. Chen Zhanqi, penulis utama dalam studi ini dilansirEureka Alert.

Penelitian lebih lanjut di alam dan laboratorium mengungkapkan, induk laba-laba ternyata memberikan cairan yang mirip susu kepada anak-anaknya. Peneliti melihat ada tetesan seperti susu dari wilayah epigastrium (wilayah di atas perut) dan anak-anaknya menyusui dari situ.

Anak laba-laba menyusui selama 40 hari. Bila tidak disusui, maka anak laba-laba akan mati dalam waktu 10 hari. Hal ini membuktikan pentingnya susu tersebut pada tahap perkembangan awal laba-labaToxeus magnus.

Setelah anak-anaknya bisa mencari makan sendiri, induk laba-laba akan tetap berada di sarang dengan memperbaiki dan menjaga sarang. Meski semua anak diperlakukan sama, hanya anak yang betina yang boleh kembali ke sarang.

"Temuan kami menunjukkan bahwa proses menyusui dan merawat anak seperti yang dilakukan mamalia juga dilakukan oleh invertebrata," kata Dr. Chen.