Bulan Ramadan, Topik Apa yang Paling Dikepoin Netizen di Google?
Uzone.id– Bulan Ramadan selalu jadi bulan yang ditunggu-tunggu warga Indonesia setiap tahunnya. Gak heran kalau banyak persiapan yang dilakukan menjelang bulan suci umat Islam ini.
Di pencarian Google misalnya, netizen akan sangat aktif mencari topik yangrelatedke bulan puasa dan lebaran. Bahkan, sakingexcited-nya, kadang persiapan bulan puasa dan lebaran ini dilakukan jauh berbulan-bulan sebelumnya.
Di tahun ini, Google kembali menghadirkan beberapacampaignkhusus, serta membantu menemukan cara agar tradisi Ramadan sejalan dengan minat kalian.
Melalui inisiatif #IniRamadanKita, Google menyatukan 2 idola ikonik antargenerasi dan lintas genre yaitu Nasida Ria dan JKT48.
“Inisiatif ini bertujuan untuk mengingatkan kembali bahwa ada banyak cara untuk kita menjalankan bulan suci - tapi, siapapun komunitasnya, apapun minatnya, penting untuk kita terus menjadi diri sejati dan bersatu dalam keberagaman, terutama di bulan suci ini dengan sedikit bantuan Google,” kata Feliciana.
Tak hanya itu, Google Indonesia juga membagikan tren selama satu tahun terakhir dari Februari tahun lalu hingga Maret tahun ini soal topik-topik Ramadan, hasilnya, Indonesia banyak menguasai pencarian soal Idul Fitri dan Puasa.
Feliciana Wienathan, Communications Manager Google Indonesia mengatakan kalau Indonesia menjadi negara kedua yang ‘kepo’ soal topik Idul Fitri dan Puasa di Google selama satu tahun terakhir.
“Kata kunci Idul Fitri dan Puasa menjadikan Indonesia sebagai negara kedua terbanyak yang mencari topik ini,” ujarnya dalam acara konferensi pers program Ini Ramadan Kita, Kamis, (15/04).
Di atas Indonesia, ada United Arab Emirates yang paling banyak mencari topik tersebut, disusul oleh Qatar di posisi ketiga, Pakistan di posisi keempat dan Bangladesh di posisi kelima.
Selanjutnya, selama pekan awal Ramadan ini, Google juga mencatat beberapa topik yang paling banyak dicari dalam mesin pencarian mereka.
“Ada yang mencari topik “ceramah singkat ramadhan dan judulnya”, “puncak arus mudik 2023”, “baju lebaran”, merencanakan rutinitas “olahraga calisthenic” di bulan spesial ini, pengalaman membuat “karpet tufting”, dan menemukan “resep buat buka puasa dan sahur”,” jelas Feliciana.
Salah satu yang unik juga adalah pencarian mengenai resep makanan, di tahun ini, resep yang paling banyak dicari oleh netizen Indonesia adalah resep nasi goreng yang mengalami kenaikan hingga 150 persen.
Setiap tahunnya, minat, hobi dan gaya hidup masyarakat terus mengalami perubahan termasuk di saat-saat seperti bulan Ramadan ini. Namun, terlepas dari itu, Google menjadi salah satu saksi tingginya antusiasme warga Indonesia dalam menyambut bulan Ramadan setiap tahunnya.