BYD M6 Bakal Segera Punya Pesaing dari Sesama Merek China

pada 9 hari lalu - by

Uzone.id-BYD M6jadi MPV listrik pertama di Indonesia. Namun sebentar lagi bakal kedatangan pesaingnya dari sesama merek China,Aletraatau yang dulu pernah eksis di Indonesia dengan merek Geely.

Merek baru tersebut akan mengandalkan sebuahMPV listriksebagai mobil perdananya di Tanah Air, yang artinya akan bersaing langsung dengan BYD M6.

 

 

MPV tersebut masih satu platform dengan Livan Maple 80V. Namun untuk pasar Indonesia, mobil tersebut akan bernama Aletra EV.

Menariknya, di negara asalnya Maple 80V dibanderol 161,700 yuan, atau setara Rp353,757 juta sampai 178,700 yuan atau Rp390,948 juta.

Dengan banderol tersebut, kalau nantinya dipasarkan di Indonesia, akan punya kisaran harga yang mirip-mirip dengan BYD M6.

Secara dimensi, MPV listrik Geely itu memiliki panjang 4.706 mili meter, lebar 1.909 mm, dan tinggi 1.699 mm. Jarak poros roda depan ke belakang 2.700 mm, artinya sedikit lebih lebar dari BYD M6.

Pada sektor kaki-kaki, suspensi depan MacPherson independent, belakang torsion beam, dengan ukuran velg 18 inci, dan sistem pengeremannya didukung ABS, serta sudah cakram depan, dan belakang.

Untuk tipe terendah mengandalkan baterai lithium ferrophosphate, atau LFP berkapasitas 50,4 kWh yang diklaim jarak tempuhnya 407 kilometer.

Sedangkan tipe tertinggi kapasitas baterainya 68,08 kWh, dan menurut pengujian CLTC (China Light Duty Vehicle Test Cycle) jarak tempuhnya 515 km.

Soal tenaga yang dihasilkan, kedua varian tersebut sama-sama mengadopsi dinamo penggerak roda depan berdaya 100 kW, atau 134 dk dan torsi 230 Nm. Untuk kecepatan maksimalnya dibatasi, hanya 130 km per jam.

Aletra EV sudah didukung colokan pengisian cepat model CCS2 yang bisa menerima arus satu arah, alias DC yang diklaim hanya butuh waktu 30 menit.

 

 

Sebagai unsur kemewahan, mobil ramah lingkungan tersebut memiliki panoramic sunroof, dan tersedia konfigurasi 6-penumpang dengan captain seat di baris kedua, serupa dengan tipe tertinggi di BYD M6.

Kemudian semua joknya dibalut bahan semi kulit, dan untuk pengemudi sudah dilengkapi pengaturan elektrik, lalu terdapat teknologi cerdas untuk sistem keamanannya.

Sistem hiburannya terdapat head unit model floating di tengah, namun ada varian yang tidak memiliki sistem hiburan, hanya terdapat colokan untuk pengisian daya baterai handphone, dan panel instrument di belakang kemudi yang sudah digital.