BYD Shark Meluncur, 'Hiu' Bermesin Hybrid Pesaing Hilux dan Ranger

pada 3 bulan lalu - by

Uzone.id-BYDakhirnya meluncurkan double cabin perdananya yang diberi namaShark. Ini merupakan 'Hiu' bermesin hybrid yang bakal menantangToyota HiluxmaupunFord Ranger.

BYD Sharkdipersenjatai mesin Dual Mode Off-road (DMO) Super Hybrid, kombinasi mesin bensin berkapasitas 1.500cc turbo dan motor listrik ganda di sepasang roda depan dan belakang.

 

 

BYD menyebut, kombinasi mesin dan motor listriknya bisa memuntahkan tenaga hingga 430 hp. Akselerasi dari 0-100 km/jam tuntas dalam 5,7 detik.

Padanan mesin dan motor listrik tersebut punya konsumsi bahan bakar yang diklaim mencapai 7,5 liter per 100 km atau setara 13,3 km/liter.

Menariknya, mobil ini bisa melaju dengan motor listriknya saja tanpa mengkonsumsi setetes bensin sejauh 100 km (berdasarkan siklus NEDC).

Jadi sekali isi bensin full tank, BYD Shark bisa melaju sejauh 840 km, cukup untuk perjalanan darat dari Jakarta sampai Surabaya.

Selain itu, motor listrik tersebut disuplai tenaga dari baterai lithium iron phosphate (LFP) Blade yang bisa dicas layaknya mobil listrik.

Pengecasan menggunakan pengisi daya cepat DC membutuhkan waktu 20 menit dari 30 persen hingga 80 persen.

BYD Shark dibangun di atas sasis ladder frame dengan baterai terintegrasi. Mobil ini menggunakan suspensi double wishbone independen di depan dan belakang.

Baknya berkapasitas 1.450 liter dan daya angkut 835 kg dan memiliki kapasitas tarik maksimal 2.500 kg.

Sementara untuk dimensinya, BYD Shark mempunyai ukuran panjang panjang 5.457 mm, lebar 1.971 mm, dan tinggi 1.925 mm. Jarak sumbu rodanya 3.260 mm.

Secara tampilan, BYD Shark tampil gahar dengan desain serba mengkotak seperti robot, dengan sistem penerangan sudah full LED dan bumper yang dibuat berotot.

Di dalam kabinnya, terdapat tombol switch untuk drive and powertrain, gear selector yang kecil dan lebar, juga beberapa sakelar di sekitarnya.

Kemudian, juga tersedia layar instrumen digital 10,25 inci dan layar sentuh infotainment 12,8 inci. Ada pula kontrol suara "Hi BYD", Apple CarPlay, Android Auto.

Lalu ada fungsi karaoke di dalam mobil (aksesori mikrofon dijual terpisah), kunci digital ponsel cerdas, kamera 360 derajat, dan head-up display 12 inci.

 

 

Dari segi keselamatan, BYD Shark dilengkapi dengan enam airbag dan dapat dilengkapi dengan berbagai fitur bantuan pengemudi.

Fitur ini termasuk pengereman darurat otonom, adaptive cruise control, lane centring assist, rear collision warning, blind spot warning with collision prevention serta rear cross traffic alert with auto brake.