Capres AS Minta Hasil Pemilu Dihitung Ulang

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising
Rimanews- Jill Stein, calon presiden Amerika Serikat dari Partai Hijau, sedang mengumpulkan dana untuk mengajukan permohonan perhitungan suara ulang di sejumlah negara bagian kunci.

Stein membuat halaman penggalangan dana secara online untuk mengumpulkan dana jutaan dolar yang dibutuhkannya untuk meminta hasil pemilu di negara bagian Michigan, Pennsylvania dan Wisconsin dihitung ulang.

baca:
Aktivis dan Akademisi Minta Hasil Pemilu AS Dihitung Ulang
Kalah Pemilu, Clinton Salahkan Direktur FBI
Demo Anti-Trump Berlangsung Anarkis


Dari usahanya itu, Stein sudah berhasil mengumpulkan USD4,5 juta atau setara Rp 60,84 miliar sejauh ini dan akan mengajukan permohonan perhitungan suara ulang di Wisconsin pada Jumat (25/11/2016) dan di Pennsylvania pada Senin.

Dari penggalangan dana online ini, Stein berharap dapat mengumpulkan dana sebesar USD 6 sampai 7 juta agar dapat mengajukan permohonan di tiga negara bagian.

Stein mengaku melakukan ini karena "bukti kuat anomali pemilu" dan analisis menunjukkan "perbedaan signifikan dalam perolehan suara" yang dirilis oleh pemerintah negara bagian.

"Masalah ini harus diselidiki sebelum pemilu presiden 2016 disahkan," kataya dalam sebuah pernyataan. "Kita berhak mendapatkan pemilu yang terpercaya."

Stein tidak sendirian, sejumlah aktivis dan akademisi juga menuntut agar hasil pemilu 8 November lalu dihitung ulang karena ada kekhawatiran mengenai campur tangan asing, terutama dalam hal pemilihan elektronik. Mereka juga sudah meminta Hillary Clinton untuk ikut bergabung memperjuangkan hal ini

Berita Terkait: