Cara Developer Game Peroleh Penghasilan

pada 7 tahun lalu - by

Mungkin kamu pernah mendengar kisah suksesdevelopergame indie memperoleh penghasilan miliaran rupiah, atau bagaimana industrigame mobileglobal telahmencapai angka ratusan triliun pada 2016 lalu. Namun, apa kamu mengetahui bagaimana cara para developergame dapat meraup penghasilan dan keuntungan lewat karya-karyanya?

Bila kamu penasaran,Tech in Asia Indonesiapunya sedikit bocoran tentang bagaimana para developergame mendapatkan uang. Cara yang mereka tempuh bisa sangat kreatif lo!

Menjual produk

Cara paling kentara bagi developer untuk memperoleh pemasukan adalah dengan menjual produk utama mereka, yang tak lain adalahgamebuatannya. Tentu saja kamu harus membayar harga tertentu agar bisa memainkannya. Ini adalah sumber penghasilan yang telah ada sejak dahulu kala.

Selain merilisgame, developer juga biasanya melakukan proyek lepas untuk pihak lain, atau menjual pernak-pernik karakter darigamebuatan mereka. Setiap sumber penghasilan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta mungkin tidak akan cocok bagi kebanyakan studio gameyang baru berdiri.

Ingin tahu lebih lanjut apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut? Simak selengkapnya lewat video di bawah.

Menjual layanan

Dengan semakin maraknyagamegratis yang beredar akhir-akhir ini, terutama di platformmobileseperti Android dan iOS, apakah para developernya tetap dapat meraup uang? Tentu saja!

Selain berjualan karya dan tenaga—alias menjual produk—para developer pada saat ini kian kreatif dengan menjadikangamebuatannya menjadi sebuah layanan.Gameyang didesain sebagai layanan biasanya dapat kamu akses secara gratis, dan developer mengandalkan penghasilan dengan menawarkanin-app purchase(IAP) atau menampilkan iklan di dalamgame.

IAP yang ditawarkan biasanya bersifat opsional. Tanpa membelinya, kamu tetap bisa memainkangametanpa masalah berarti. Tapi menyediakan IAP saja tak cukup, karena developer perlu memikirkan sejumlah pertimbangan sebelum menawarkannya ke para pemain hingga mendapatkan keuntungan.

Dengan menampilkan iklan, developer memperoleh komisi karena telah menyediakan ruang promosi untuk pihak ketiga agar dapat menjangkau para konsumen. Tentu saja, agar penghasilan dari iklan dapat dirasakan developer, terdapat beberapa persyaratan tertentu yang perlu dipenuhi oleh mereka.

Penasaran untuk tahu lebih detail bagaimana para developer memperoleh uang darigamegratis? Kamu bisa menyimak selengkapnya lewat video berikut.

(Diedit olehPradipta Nugrahanto)

The postCara DeveloperGameMemperoleh Penghasilanappeared first onTech in Asia Indonesia.