Cara Hyundai Bikin Stargazer X Lebih Tinggi Tanpa Ubah Suspensi

pada 8 bulan lalu - by

Solo, Jawa Tengah, Uzone.id- Hyundai Stargazer X menjadi versi SUV dari Stargazer biasa yang diluncurkan sejak tahun lalu. Hadirnya versi Low SUV ini pun membuat beberapa komponen harus diubah agar membuat mobil ini memiliki ciri khas sebuah petualang, satu di antaranya adalah ketinggian.

Bonar Pakpahan selaku Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia menyebutkan ground clearance Hyundai Stargazer X lebih tinggi 0,5 cm dari versi standarnya. Bonar menyebutkan perubahan ini bukan karena faktor suspensi baru, melainkan ukuran pelek dan ban yang berbeda.

"Kalau bicara suspensi sepemahaman saya tidak ada perubahan. Kecuali peleknya, jadi kan kalau stargazer yang biasa itu dia ring 16 bannya 205/55. Nah kalau yang ini (Stargazer X) ring 17 inci," ujar Bonar kepada awak media di Solo, Senin (28/8).

Bonar menyebutkan pada Hyundai Stargazer X meskipun peleknya 17 inci namun punya profil ban yang lebih tipis yakni 205/50. Bonar menjelaskan hal ini guna untuk membuat total diameter semirip mungkin antara Stargazer dan Stargazer X.

"Karena enggak bisa sama, tapi semirip mungkin, maka profilnya dikecilin dari 55 menjadi 50 persen dengan lebar tapak yang sama 205. Nah karena perubahan pelek inilah maka ground clearance-nya naik dari 195 mm jadi 200 mm," ungkapnya.

Hyundai Stargazer X memang perlu menggunakan ban dan pelek dengan total diameter yang sama seperti milik Stargazer biasa. Jika total diameter tidak dijaga, maka besar kemungkinan Hyundai Stargazer X akan memiliki banyak masalah.

"Kalau Stargazer X tetap pakai ban 205/55, maka keliling roda akan jadi lebih besar yang membuat satu putarannya memiliki jarak tempuh lebih jauh. Hal ini berpengaruh terhadap sensor speedometer, alat pengukur kecepatan tersebut tidak akan akurat," jelasnya.

Kemudian dengan profil ban yang lebih tipis daripada versi standarnya, hal ini akan berpengaruh terhadap bantingan dari Hyundai Stargazer X.

"Karena kan profil ban itu jadi lebih kecil, nah biasanya kalau ban dengan profil kecil, kekuatan dindingnya itu dibuat lebih keras. Mungkin kalau misalnya bantingan terasa lebih keras sedikit, efek terbesar itu datangnya dari ukuran ban, bukan karakter suspensi," tutup Bonar.

Sementara itu dari segi mesin, Hyundai Stargazer X masih sama seperti versi LMPV yakni Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang menghasilkan tenaga dan torsi maksimum masing-masing 115 ps di 6.300 rpm dan 143,8 Nm 4.500 rpm.