Cara Praktis Mencari Smartphone Android yang Hilang

pada 2 tahun lalu - by

Uzone.id -Mungkin lagi apes,smartphoneAndroid yang kita sayang-sayang dan dijaga sepenuh hati, bisa saja hilang. Bisa saja karena lupa simpan atau dicopet orang ketika naik angkutan umum yang memang masih rawan pencopet. Kalau kalian mengalaminya, jangan khawatir karena ada cara untuk mencari dan melacaksmartphoneAndroid yang hilang.

Ponsel Android terbaru saat ini sudah disematkan fitur bernama Find My Device. Biasanyasihada pada bagianSettings. Fitur ini dibuat Google untuk mencarismartphoneyang hilang atau dicuri.

Tak cuma mengetahui titik lokasi dari ponsel yang hilang, Find My Device pun bisa dipergunakan untuk mengunci ponsel dari jarak jauh, menghapus file penting di dalamnya, atau terus-menerus membunyikan alarm untuk tahu dimana posisi ponsel yang hilang.

Tapi kalau ponsel Android kalian tak memiliki fitur bawaan tersebut, bisakokdownload gratis Find My Device melalui Google Play Store. Nah, berikut ini cara untuk melacak dan mencari HP Android yang hilang menggunakan Find My Device.

Baca juga:5 Cara Menang di Game Stumble Guys

  1. Ponsel kalian harus terdaftar sebagai perangkat di Find My Device. Buat ponsel baru, Find My Device biasanya sudah menyala dan terhubung langsung ke akun Google yang telah terdaftar sebelumnya.
  2. Kami sarankan untuk mencarismartphoneyang hilang melaluibrowser. Akses saja situs resmiFind My Device, kemudian login dengan akun Google yang sama dengan ponsel Android kalian.
  3. Di halaman utama, pilih ponsel kalian yang hilang di bagian atas. Kebetulan,smartphoneyang kami kira hilang ternyata ketinggalan di rumah. Hal ini diketahui dari lokasireal-timeyang terdeteksi langsung oleh Find My Device.
  4. Ketika di rumah misalnya, letak ponsel kalian tak diketahui, kalian bisa membunyikan semacam alarm yang diaktifkan melalui Find My Device. 
  5. Caranya dengan menekan tombolPlay Soundyang akan membunyikan alarm selama 5 menit bahkan saat ponsel berada di kondisisilent.
  6. Kalau ponsel kalian hilang atau dicuri, kalian bisa menekan tombolSecure Deviceuntuk mengunci perangkat dan mengeluarkan akun Google dari ponsel.
  7. Erase Devicejuga bisa jadi solusi untuk menghapus data-data pada ponsel.
  8. Adapun untuk melacak dan mencari ponsel Android yang hilang, cara termudahnya adalah dengan menekan logo ponsel pada maps dan secara otomatis akan diarahkan ke situs Google Maps.

Baca juga: 6 Cara Cek Aplikasi dan Game Palsu di Android

Melacak ponsel yang hilang dalam keadaan mati

Pertanyaannya, bagaimana cara mencari ponsel yang hilang dan dalam keadaan mati? Cukup sulit memang lantaran Find My Device mengharuskan ponsel untuk terhubung ke jaringan seluler.

Ada trik yang bisa kalian coba, berikut panduan lengkapnya:

  1. Buka Google Maps di desktop kalian, kemudian login ke akun Google yang ada di ponsel Android yang hilang.
  2. Kalau sudah masuk, klik tombol tiga garis bertumpuk dan tekanYour Timeline.

  3. Di halaman Google Maps Timeline, lokasi ponsel kalian akan terlacak hingga posisi terakhirnya. Agar memudahkan, tekan tombolTodayuntuk melihat titik lokasi terakhir.

Itu dia cara untuk mencari dan melacak ponsel Android kalian yang hilang. Selamat mencoba dan semoga ponsel kalian ketemu lagi ya, Uzoners!