Cara Threads Agar Tetap Eksis: Bikin Fitur Mirip Instagram Story

pada 2 hari lalu - by

Uzone.id— Aplikasi ‘adik’ Instagram terus melakukan berbagai cara untuk tetap terkenal di kalangan netizen. Meski diklaim sudah punya 200 juta pengguna, perlu diakui kalau popularitas Threads tidak terlalu besar, bahkan cenderung ‘sunyi’.

Makanya, Threads gencar melakukan berbagai cara untukstay relevandan bisa menggaet pengguna untuk memakai platform mereka, salah satunya dengan menghadirkan fitur yang sedikit mirip dengan Instagram Story.

Yap, Threads saat ini dilaporkan sedang melakukan uji coba fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk membuat cuitan atau postingan yang bisa hilang dalam waktu 24 jam.Sounds familiar? Yap, mirip dengan konsepnya Instagram Story.

 

 

Menariknya, meski punya konsep yang sama, fitur ini akan berbeda dari IG Story atau Fleets di X yang punya bubble sendiri di atas feeds pengguna. Opsi ini benar-benar bisa diterapkan pada sebuah cuitan di timeline atau feeds pengguna. 

Jadi, kalian bisa membuat postingan ‘sementara’ yang dibagikan ke teman-teman tanpa harus repot menghapusnya secara manual di lain hari.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh salah satu pengamat media sosial dan developer Alessandro Paluzzi.

“Threads sedang menguji coba postingan sementara yang akan bertahan hanya 24 jam,” tulis Paluzzi dalam postingannya.

Dalam tangkapan layar tersebut, pengguna akan diberi pemberitahuan bahwa tulisan akan dihapus secara otomatis dalam jangka waktu 24 jam setelah diposting. Selain itu, komentar dalam postingan tersebut juga akan ikut menghilang.

Jadi bisa dibilang, postingan tersebut takkan meninggalkan jejak, kecuali jika ada yang sudah men-screenshot-nya.

Tak lama kemudian, kehadiran fitur ini dikonfirmasi oleh juru bicara Threads.

 

 

“Fitur ini sedang dalam tahap uji coba di antara sekelompok pengguna tertentu,” katanya dikutip dari Phone Arena, Selasa, (27/08).

Perkembangan baru ini muncul beberapa bulan setelah pimpinan Instagram, Adam Mosseri, mengungkapkan bahwa Threads sedang membuat ide lain, yaitu fitur mengatur tanggal agar postingan bisa disembunyikan/diarsipkan. Sayangnya, fitur ini tak mendapat feedback bagus dan diganti ke opsi lain, yaitu fitur delete post dalam 24 jam.

Sama seperti fitur lainnya yang sedang diuji coba, belum diketahui apakah fitur ini akan dirilis secara resmi atau tidak ke publik karena Threads masing menunggu feedback dari para pengguna.