Cerita Seru Komunitas Muslim yang Berpuasa 19 Jam

pada 7 tahun lalu - by

Umat Muslim di seluruh dunia kini tengah beribadah puasa Ramadan. Tak terkecuali bagi mereka yang tinggal di daerah dengan minoritas penduduk Muslim, seperti Selandia Baru.

Presiden Asosiasi Muslim Manawatu, Zulfiqar Butt, mengatakan, sekitar 100-an Muslim berkumpul di Palmerston North's Anzac Park pada Jumat malam untuk mencoba melihat bulan baru, yang menandai dimulainya bulan Ramadan. Mereka berbagi teh dan kopi, dan melakukan salat Magrib bersama.

"Kami bersama-sama mengajarkan anak-anak pentingnya melihat hilal bulan," kata Zulfiqar Butt.

Meski tak dapat melihat bulan, Ramadan dimulai pada hari Minggu secara serentak di Selandia Baru.

Zulfiqar Butt mengatakan, Ramadan jauh lebih mudah untuk dijalani di Selandia Baru daripada negara lain.

"Hanya 12 jam (puasa). Bila Anda berada di Eropa atau Timur Tengah, selain bersuhu hingga 40 derajat, Anda juga berpuasa selama 18 atau 19 jam," ungkapnya.

Bagian yang paling sulit bagi orang-orang Muslim di Selandia Baru adalah, bangun pagi-pagi sekali untuk makan dan berdoa saat sahur, kembali tidur, lalu bangkit lagi dan bersiap-siap bekerja, katanya.

"Manajer saya tahu saya sedang mengamati, dan mereka menghindari menawarkan sesuatu untuk dimakan," akunya.

Rekan kerja Zulfiqar Butt juga berusaha tidak makan di depannya selama bulan Ramadhan.

Di Selandia Baru, Kota Auckland menjadi rumah yang ramah bagi Muslim di Selandia Baru. 63 persen penduduk Selandia Baru yang beragama Muslim menetap di Auckland.

Di sana, terdapat komunitas Muslim bernama New Zealand Muslim Association atau NZMA dan membangun Islamic Center pada 1957 di Jlana Hargrave Auckland.

Di kota tersebut, setidaknya terdapat lima masjid besar, dan belum termasuk masjid kecil serta masjid-masjid yang berada dalam bagian fasilitas umum seperti bandara dan kantor pemerintahan.

Masyarakat muslim Selandia Baru yang menetap di Auckland biasa mengadakan pasar Hari Raya atau Eid Fast yang sudah dihelat sejak 1999 sebagai ajang silaturahmi dan bazar kebutuhan bagi kaum Muslim seperti sajadah, jilbab, dan makanan halal. (i.stuff dan berbagai sumber)

 

Berita Terkait: