Counterpoint: Market Share Xiaomi dan Oppo Beda Tipis di Q3 2024

pada 1 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Di tengah kuartal keempat dan menjelang pengujung tahun 2024, lembaga riset Counterpoint kembali memaparkan pangsa pasar smartphone di Indonesia untuk kuartal ketiga (Q3) berdasarkan aspek pengiriman unit.

Dari paparan Senior Analyst Counterpoint, Febriman Abdillah, jumlah pengiriman (shipping) smartphone mengalami kenaikan jika dibandingkan pada periode yang sama pada tahun lalu, yakni 4 persen. Kenaikan ini dilatarbelakangi oleh promosi harga saat musim liburan, promo dari e-commerce saat ‘tanggal cantik’, hingga antusiasme masyarakat untuk upgrade karena banyaknya smartphone-smartphone baru yang diluncurkan.

 

 

Masih untuk periode Q3 2024, Febriman dalam acara live podcastGizmotalkshowdi perhelatan Indonesia Gadget Award pada 14 November lalu mengatakan bahwa Xiaomi menjadi pemimpin pasar untuk jumlah pengiriman smartphone di Indonesia dengan pangsa pasar 19 persen. Angka ini terpaut tipis dengan Oppo yang menduduki posisi kedua sebesar 18 persen.

Kemudian ada Vivo dan Samsung yang sama-sama sebesar 17 persen, lalu diikuti Realme 11 persen, dan Infinix 9 persen.

Lebih merinci lagi, smartphone dengan harga di bawah USD200 atau sekitar Rp3,1 juta mengalami pertumbuhan 8 persen secara year-on-year berkat spesifikasi dan durabilitas yang kuat. Adapun beberapa produk smartphone yang berkontribusi terhadap pertumbuhan segmen harga ini seperti Oppo A3x, Itel A50, Redmi 14C, Realme Note 60, Samsung Galaxy A06, dan Vivo Y03t.

 

 

Peningkatan spesifikasi yang menyeluruh juga berdampak pada tren kapasitas baik penyimpanan internal hingga RAM yang umumnya diperlukan untuk memperlancar proses multitasking dalam sebuah smartphone.

Kini perangkat dengan harga di bawah USD200, sudah semakin banyak yang mengusung memori 8+128 GB. Sementara tren kapasitas RAM 12 GB alami kenaikan signifikan pada segmen menengah hingga flagship, mencapai 35 persen YoY.