Cuma Mejeng di GIIAS, Kapan Daihatsu Rocky Hybrid Rilis di Indonesia?

pada 3 hari lalu - by

Uzone.id- Daihatsu Rocky Hybrid kembali diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Karena masih diperkenalkan, kira-kira kapan mobil hibrida tersebut dijual di Tanah Air?

Sri Agung Handayani selaku Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebutkan pihaknya masih memerlukan riset dan studi sebelum penjualan mobil hybrid di Indonesia. Menurutnya, Rocky Hybrid dijual hanya masalah waktu saja.

"Itu sudah ditanyakan. Kita akan informasikan segera kapan untuk memasarkan. Iya, nanti akan dikabarkan dan kalian akan menjadi yang pertama tahu," ujar Agung saat ditemui di GIIAS 2024.

Daihatsu Rocky GIIAS 2023 (Foto: Bagja)

 

Agung tidak menjelaskan lebih detail lagi mengenai studi yang sedang dijalani Daihatsu mengenai penjualan Rocky Hybrid.

Perlu diketahui, Daihatsu Rocky Hybrid yang pamerkan di GIIAS 2024 merupakan varian tertinggi yakni Premium G HEV 1.2L. Mobil ini sudah meluncur terlebih dahulu di Jepang dengan teknologi e-Smart hybrid.

 

 

Teknologi tersebut membuat Daihatsu Rocky Hybrid memiliki konsumsi bahan bakar yang hanya mencapai 28 km/liter. Sementara mesinnya sendiri memiliki spesifikasi 1.200 cc, 3-silinder segaris, dengan tipe WA-VEX.

Dari segi teknis, Daihatsu Rocky Hybrid memiliki desain mekanisme yang ringkas. Transmisi Trasaxlenya memiliki mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator sebagai daya penggerak, gigi reduksi, dan mekanisme diferensial.

 

 

Daihatsu Rocky Hybrid juga dilengkapi beragam sistem kemanan Smart Assist. Setidaknya terdapat 19 fungsi keselamatan aktif yang berbeda-beda, dari fungsi peringatan dan pengereman dari potensi tabrakan, pendeteksi jalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas.

Di Jepang, Daihatsu Rocky Hybrid Premium G HEV dijual seharga 2.347.000 yen atau setara Rp293 jutaan. Namun selain varian tersebut, Daihatsu Jepang juga memiliki yang lebih murah yakni X HEV yang dijual seharga Rp2.116.000 yen atau setara Rp264,1 jutaan.