Daftar HP Samsung yang Bisa Update One UI 6.1, Dapat Galaxy AI Juga?

pada 3 bulan lalu - by

Uzone.id -Samsung Galaxy S24 Seriesdirilis bersama dengan sistem operasi One UI 6.1 berbasis Android 14. Setelahnya, Samsung akan menggulirkan sistem operasi ini untuksmartphonelainnya.

One UI 6.1membawa sedikit perubahan visual padauser interface(UI) perangkat. Namun secara fitur, banyak sekali penambahan yang diberikan oleh Samsung, terutama berkaitan dengan fitur-fitur berbasis kecerdasan buatan atau AI.

Bertajuk ‘Galaxy AI’, fitur-fitur baru di One UI 6.1 terdiri dari Live Translate untuk terjemahan panggilan telepon lintas bahasa secarareal-time, Generative Edit untuk memanipulasi foto secara mulus, Interpreter yang menerjemahkan percakapan secara langsung, Chat Assist, hingga kemampuan Circle to Search.

 

 

Penambahan fitur ini membuatexperiencepengguna ketika berkomunikasi, bekerja, sampai menikmati hiburan dapat lebih maksimal lagi berkat bantuan teknologi AI. Lalu, apakah fitur Galaxy AI ini akan dihadirkan juga pada One UI 6.1?

Jawabannya iya. Dikutip dariAndroid Authority, Samsung memastikan bahwa beberapa fitur AI akan dibawa padasmartphoneSamsung lainnya yang mendapatkan pembaruan ke One UI 6.1. Berikut ini beberapasmartphonedan tablet Samsung yang mendapatkan update ke One UI 6.1 berbasis Android 14:

Adapun jadwal pembaruan ke One UI 6.1 akan dimulai pada paruh pertama tahun ini untuk perangkat-perangkat di atas. 

 

 

Kabar baiknya lagi, Samsung tengah mencoba One UI 6.1 pada perangkat lainnya, mulai dari Samsung Galaxy A Series sampai Galaxy S Series generasi beberapa tahun lalu. Berikut daftar yang katanya sedang diuji coba One UI 6.1 versitest build:

  • Samsung Galaxy S22 Series
  • Samsung Galaxy S21 Series
  • Samsung Galaxy Z Fold4
  • Samsung Galaxy Z Flip4
  • Samsung Galaxy S21 FE
  • Samsung Galaxy A54
  • Samsung Galaxy A34

Ada kemungkinan, Galaxy AI yang yang dihadirkan pada perangkat non-Samsung Galaxy S24 Series memerlukan koneksi internet untuk pemrosesan AI yang lebih baik. Salah satu alasan utamanya karena prosesor yang tak mendukung teknologi AIon-device, tidak seperti Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy.

Galaxy AI gratis hingga akhir tahun 2025

Samsung baru-baru ini mengungkapkan dalam situs resminya bahwa fitur Galaxy AI terbaru bisa diakses secara gratis sampai akhir tahun 2025 saja. Setelah itu, pengguna mungkin akan dibebankan biaya berlangganan agar dapat mengakses Galaxy AI seperti biasanya.

“Fitur Galaxy AI gratis digunakan hingga akhir tahun 2025 pada perangkat Samsung Galaxy yang mendukung,” jelas Samsung dalam situs resminya.