Daftar Topik Paling Dikepoin Netizen Indonesia di Google Selama 2023

19 December 2023 - by

Uzone.id – Penghujung tahun 2023 saatnya Google kembali menghadirkan Year in Search 2023. Acara tahunan ini Google membagikan momen dan topik-topik yang paling banyak ‘dikepoin’ selama tahun 2023 ini.

Sepanjang tahun ini, Indonesia telah menyelenggarakan berbagai event skala dunia, termasuk KTT Asean 2023 dan Piala Dunia U-17. Dua topik ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari oleh netizen Indonesia.

Advertising
Advertising

Popularitas teknologi AI (Artificial Intelligence) juga mendorong Indonesia semakin ‘kepo’ soal teknologi, termasuk mencari tahu soal manfaat dari teknologi-teknologi ini.

Berbeda dengan tahun lalu yang menghadirkan 9 kategori, Google Year in Search 2023 hanya membagikan 8 kategori berdasarkan momen dan tren sepanjang tahun ini berdasarkan penelusuran Mengapa, Apa, Siapa, Lirik Lagu, Resep, Film/Serial TV, Berita, Olahraga.

 

Baca Juga :

Google: 43% Gen Z di Indonesia Sudah Sadar dengan AI di Smartphone
 

 

Menyambut tahun yang baru, luangkan waktu sejenak untuk melihat ke belakang, merenungkan, dan merayakan momen yang telah terjadi dan bersama-sama tumbuh untuk melangkah lebih jauh lagi,“ jelas Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia, dalam acara Year in Search 2023, Senin, (18/12).

Untuk kategori Mengapa, orang Indonesia tahun ini diketahui semakin spesifik dalam mencari sesuatu termasuk saat mengajukan pertanyaan di mesin pencarian Google.

Foto: Pemenang Google Year in Search 2023

Pertanyaan ‘Mengapa’ yang paling banyak dicari adalah “Mengapa kita harus menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi?”, di posisi kedua ada pertanyaan “Mengapa ada bayangan?” dan ketiga ada pertanyaan “Mengapa kita harus saling menghargai perbedaan pendapat?”

Selama 2023, orang-orang yang paling banyak dicari netizen Indonesia adalah Nadia omara, Willie Salim, Molen Kasetra, Putri Ariani, Tessa Mariska, Karni Ilyas, Pak Muh, Rocky Gerung, Otto Hasibuan dan Aaliyah Massaid.

Sepanjang tahun ini, film dan serial TV dalam negeri juga cukup mendominasi pencarian Google, bahkan mengalahkan series dan film booming dari luar negeri, dimana Serial Gadis Kretek paling banyak dicari, disusul oleh film Petualangan Sherina, One Piece Live Action, Barbie, Induk Gajah, Sewu Dino, Budi Pekerti, serial The Last of Us, Oppenheimer, dan Ice Cold.

Tidak hanya soal film dan serial TV, makanan Indonesia juga ramai dicari selama tahun 2023 ini. Seblak Rafael jadi resep yang paling banyak dicari selama tahun ini, disusul oleh resep es lumut, mochi bites, es kulkul, odeng, es kuwut, bola susu, mille crepes, mango sago dan puding lumut gula merah.

 

Baca Juga :

Sepanjang 2023, Topik Apa yang Paling Dicari Netizen Dunia di Google?
 

 

Selanjutnya, untuk kategori ‘Apa’, netizen Indonesia paling kepo soal beberapa istilah viral seperti Pick Me, Skena, Catcalling, AI, Cuaks, Rumbling, Inner Child, ISPA, Hamas dan IKN.

Lirik lagu yang paling banyak dicari adalah lagu Komang, Sial, Satu-satu, Jiwa yang Bersedih, Loneliness, Cupid, Mengapa Bintang Bersinar, Until I Found You, Kill Bill, dan Rayuan Perempuan Gila.

Di kategori Berita, netizen Indonesia juga banyak mencari tahu soal Jadwal piala dunia U17, Timnas Indonesia, Gempa Turki, Perolehan Medali Sea Games 2023, Coldplay Jakarta, KTT ASEAN, Panas yang Berlebihan, Rans Nusantara vs Persib Bandung, Bard AI, dan Vietnam U-23 vs Indonesia U-23.

Sepanjang 2023, Netizen Indonesia juga banyak mencari tahu soal berbagai olahraga seperti cabang olahraga SEA Games 2023, Kun Botakor, Pound fit, Crossfit, Fiber dan Luge. 

Melihat hasil pencarian terpopuler selama 2023 ini, Feliciana mengatakan kalau tahun ini menunjukkan fakta bahwa masyarakat Indonesia semakin kritis dan jeli dalam menelaah informasi, juga lebih bijak dalam menggunakan teknologi untuk mendapatkan manfaat maksimal.