Dari Andien ke Ne-Yo, Keseruan Java Jazz Festival 2017

pada 7 tahun lalu - by

Senang sekali rasanya bisa menghabiskan akhir pekan yang 'berbeda' di Jakarta. Daripada kemall, Cosmomengunjungi International BNI Java Jazz Festival 2017 yang baru diadakan tanggal 3-5 Maret kemarin.

Bertempat di JIExpo Kemayoran, ini merupakan tahun ke-13 dari festival yang diakui seluruh dunia ini. Dengan 14 panggung danline-upyang berlimpah,Cosmoharus mengatur jadwal dengan cermat selama tiga hari tersebut!

 

DAY 1

Perlahan-lahan, orang mulai berdatangan dari segala sudut. Menjelajahi bagianoutdoor, terdengar suara seksi ala John Mayer dari Randy Pandugo, yang membawakan laguShape of You. Suasananya pas dengan matahari yang baru saja akan turun.

Berpedoman jadwal yang didapatkan dariwebsiteresmi Java Jazz,Cosmomemutuskan untuk menyaksikan penampilan dari pianis asal Amerika, Justin Kauflin. Permainannya yang fasih dan mulus membuat tidak percaya bahwa pria muda ini tuna netra! Di ruangan yang lain, penonton sedang asyik berjoged kepada musik Renegade Brass Band. Walaupun bergenrehip-hop/rap, band ini tetap terdengarjazzyberkat enam pemain brass dan trompet.

Setelah itu, para fans mulai berkumpul di Garuda Indonesia Hall untuk menunggu Andien.The new mommuncul dengandressmenggembung yang bercorak.So pretty!Seisi ruangan ikut berdendang, menyanyikan lagu-lagu dari album pertamanya sepertiMeniti Pelangi.Saat menyanyikan laguGemintang,penonton dikejutkan dengan sosok terkenal, Tulus. Suara mereka yang sama-sama lembut dan khas melebur dengan sangat Indah.

Cosmomengakhiri hari dengan band tahun 90an, The Groove. Lagu-lagunya yang...groovy, memaksa semua orang untuk berdansa. Seru!

 

DAY 2

Karena sudah mengerti lokasi-lokasi panggung,Cosmohadir di hari keduawith a plan. Pertama-tama, rasanya wajib menyaksikantributedari Manna Trio dan Jacky Bahasuan untuk Al Jarreau, musisijazzasal Amerika yang baru meninggal Februari kemarin. Para penikmat musik sangat bahagia dan terharu mendengarkan persembahan ini. Lalu, saatnya menikmati musik Arturo Sandoval! Pemain trompet asal Kuba tersebut memiliki 10 penghargaan Grammy.Wow!Pantas saja tidak ada tempat duduk yang kosong di ruangan tersebut. Pria berbakat ini tidak hanya bermain trompet, tetapi jugakeyboard,bernyanyi, dan bahkan melakukanscat.Cosmodapat mendengar takjubnya orang-orang ketika ia menirukan suarabassyang rendah.Amazing!

Tepat setelah penampilan Arturo, Nik West, yang merupakanbassistdari Prince, bermain di Tebs Stage. Wanitapowefulini terlihat memukau denganmohawkberwarnasilver. Pada saat yang sama, Yura Yunita bermain distagesebelah. Untungnya,Cosmosempat menonton keduanya!

Cosmojuga menyempatkan diri untuk menyaksikan penampil veteran Java Jazz, Incognito.Yup, walaupun sudah beberapa kali hadir di festival ini, bandjazztersebut masih saja bisa menghibur para penontonnya dengan musiknya yangfunky. Lelah berdansa,Cosmoberistirahat sembari mendengarkan suara merdu dari Kunto Aji. Ditemani dengan sekelompokvocal group, Kunto menyajikan bentuk lain dari lagu-lagunya. Sungguh unik!

 

DAY 3

Sepertinya semua orang memiliki tujuan yang sama di hari ketiga ini. Walau saat itu masih 'pagi' untuk acara festival, ruangan di BNI Stage sudah penuh dengan para penggemar Ne-Yo. Teriakan histeris memantul ke seluruh ruangan ketika penyanyiR&Basal Amerika ini muncul ke atas panggung. Tak kecewa, ia membawakan semua lagu-laguhits-nya tanpa beban.Miss Independent, Because of You, dan tentu saja,So Sick. Mengenakan kaos putih yang simpel dan kemeja hitam, pria tampan ini menari di atas panggung bersamabackup dancersyang tidak kalah seksi. Walaupun sempat mengeluh bahwa Jakarta sangat panas,he still gave an amazing performance.Pengalaman yang luar biasa!

Masih terpana dengan penampilan Ne-Yo,Cosmomenonton Chick Corea, pianis yang sudah meraih 22 penghargaan Grammy (ya, Anda tidak salah baca). Rasanya bangga bisa berbagi ruangan dengan komposer yang berumur 75 tahun ini!Next, alumniAmerican Idol, Elliot Yamin tampil di Hall D2. Setelah menyambut penggemarnya dengan ucapan “selamat malam” (cute!), ia membawakan lagu-lagunya sepertiFantasydanGive It to You.

Mengakhiri hari dan akhir pekan yang panjang adalah anak dari musisi Indra Lesmana, Eva Celia. Wanita cantik ini membawakan semua lagu dari album perdananya,And So It Begins. Penonton dihipnotis oleh suaranya yangsoftdan merdu.Love!

Yes, walaupun sudah berjalan lebih dari 10 tahun, festival ini masih berhasil membawakan musisi-musisi berkualitas dari dalam dan luar negeri.Can't wait for next year!(Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Cosmopolitan Indonesia / Instagram @javajazzfest)