Dari Harta Rp49 M, Jokowi Punya Motor Murah Vega R

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Presiden Joko Widodo (Kantor Staf Presiden)

Uzone.id- Presiden Joko Widodo jadi idola kawula muda saat beliau menjelma jadi motoris dan terlihat keren saat menunggangi motor chopperland di awal tahun 2018.

Chopperland hasil karya rumah modifikasi Elders Garage dan Kick Ass Chopper yang mengambil mesin dari Royal Enfield Bullet 350 cc. Jokowi membeli chopperland warna emas itu dengan harga Rp 140 juta.

Presiden Jokowi membeli Chopperland bukan maksud buat gaya-gayaan juga. Beliau sengaja membelinya biar brand value karya anak banga menjadi meningkat.

Berdasarkan laporan LHKPN di situselhkpn.kpk.go.id, Jokowi memiliki harta Rp 49 miliar. Di antara kendaraan yang beliau punya, terselip motor Yamaha Vega R.

Baca juga: 5 Artis Cantik Ini Jadi Macho Menunggangi Motor Gede

Yamaha Vega R tahun 2009 (Olx)

Meskipun tidak disebutkan Vega R keluaran tahun berapa, motor bebek ini masuk dalam kasta terendah seri motor backbound keluaran Yamaha.

Vega R punya spesifikasi mesin 4 Tak, SOHC berpendingin udara, isi silinder 110 cc dan bisa membangkitkan daya maksimal 6.6 kw per 8.000 rpm dan torsi maksimal 9.0 Nm per 5.000 rpm.

Produksi Vega R sudah dihentikan sehingga masyarakat cuma bisa membeli barang bekas pakai. Posisinya digantikan oleh Vega Force One yang sudah ditanamkan sistem bahan bakar injeksi. Menyusuri situs jual beli online, Yamaha Vega masih ada yang dijual hingga Rp 8,5 juta.

Indonesia pertama kali memproduksi Yamaha Vega R pada 1999 dengan fitur yang minim dan harga yang sangat terjangkau. Berikutnya diproduksi New Vega R (2006-2009) dengan mengandalkan desain bodi lebihsporty.

Test Drive Toyota Calya Facelift

Kemudian diproduksi varian Vega ZR (2009-2012) dengan model yang lebih cakep. Lalu diproduksi New Vega RR (2012-2014) dengan tampilan lebih futuristik dengan fitur kunci motor terintegrasi dengan pembuka tangki bensin, begitu juga model lampu dan bodi terlihat lebih keren.

Untuk penyegaran dan tuntutan emisi Euro 3, dirilis Yamaha Force (2013-2014) yang punya kubikasi mesin 115 cc. Tampilannya pun lebih futuristik mirip Jupiter Z.

Setelah itu, Yamaha menggabungkan nama Vega dan Force sehingga namanya Yamaha Vega Force (2015) dengan ada sedikit ubahan di sektor distribusi bahan bakar.

Untuk harga Yamaha Vega Force yang masih terpajang di diler dihargai Rp 16 jutaan. Harganya sama dengan motor matic kasta paling rendah Yamaha Mio J dan Honda Beat.