Dear Toyota, Kami Berharap Agya GR Sport Pakai Mesin Turbo
Uzone.id-Secara mengejutkan, Toyota bakal menyematkan mesin Toyota Raize pada Toyota Agya terbaru. Sebuah mesin berkonfigurasi 3 silinder yang salah satu variannya tersedia dengan sokongan turbo.
Sayangnya, Toyota belum mengungkap secara detail, mesin Raize yang mana yang dipakai untuk masing-masing Agya dan Agya GR Sport tersebut. Namun, kami sih berharap Agya GR Sport bisa pakai mesin turbo untuk menumbangkan Honda Brio RS.
Di Indonesia, ada dua jenis mesin Raize, yakni berkapasitas 1.000cc turbo dan 1.200cc Naturally Aspirated. Keduanya berkonfigurasi 3 silinder.
Baca juga: Waspada Honda Brio, Bersiap Dikeroyok Agya-Ayla Terbaru!
"Meskipun menggunakan mesin yang sama dengan Raize, tapi akan mendapatkan tuning yang berbeda," ujar Executive Chief Engineer Toyota Motor Corp Toshihiro Nakaho.
Untuk diketahui, dua pilihan mesin Toyota Raize yang pertama adalah mesin berkode 1KR-VET berkapasitas 998cc dengan konfigurasi 3 silinder Dual VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 98 Ps dan torsinya 140 Nm.
Mesin satu lagi, berkode WA-VE dengan kapasitas 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 88 Ps dan torsinya 112 Nm.
Kalau sebelumnya Toyota Agya menggunakan mesin berkonfigurasi 4 silinder, maka kini jadi 3 silinder. Keistimewaan mesin ini adalah dalam hal efisiensi bahan bakar, karena jumlah silinder yang lebih sedikit.
Selain itu, dengan kapasitas mesin yang sama, namun karena tiap-tiap silinder volumenya lebih besar, maka torsi pada mesin 3 silinder lebih besar ketimbang mesin 4 silinder.
Baca juga: Tips Menghindar dari Sopir Arogan di Jalan
Namun, ada pekerjaan rumah yang signifikan pada mesin berkapasitas silinder ganjil ini, yakni getaran mesin yang biasanya lebih terasa ketimbang mesin 4 silinder.
Namun, Toyota seharusnya sudah mensiasatinya dengan menggunakan engine mounting yang didesain khusus, sehingga mampu meredam getaran lebih optimal.
Dengan adanya dua pilihan mesin tersebut, kami berharap Toyota menawarkan mesin turbo untuk Agya GR Sport, sementara versi standar, mungkin cukup dengan pilihan mesin satunya lagi, yakni 1.200cc non turbo.
Bagaimana, Toyota?