Demi MacBook Lipat, Samsung Sibuk Garap Layar Bebas Kerutan

pada 9 bulan lalu - by

Uzone.id -Demi MacBook layar lipat besutan Apple, Samsung Display mengembangkan layar berukuran besar yang fleksibel dan bebas kerutan. Hal ini secara tidak langsung diungkapkan perusahaan dalam sesi Safety in Design (SID) Review Workshop yang digelar di Seoul, Korea Selatan. 

Samsung memang santer dikabarkan menjadi pihak yang bertanggung jawab untuk mengerjakan layar fleksibel untuk MacBook lipat yang rencananya akan rilis pada 2025 mendatang. 

Kurang lebih dua tahun lagi laptop layar fleksibel itu akan dirilis, kini Samsung tengah disibukkan untuk memperbaiki beberapa kekurangan dari teknologi layar lipatnya. 

 

 

Dikutip dariSamMobile, Samsung harus memenuhi dua standar tinggi dari Apple di sektor layar fleksibel, yakni jejak kerutan yang bisa diminimalisir dan daya tahan panel yang setidaknya mendekati kekuatan dari panel kaca standar.

Di SID Review Workshop, Samsung sendiri memamerkan teknologi layar lipatnya yang telah memenuhi standar dalam hal retakan lipat, tekanan komprehensif atau ketika layar ditekuk, daya tahan, hingga soal fleksibilitas.

Apple perlu luncurkan produk layar lipat

Salah seorang eksekutif Apple mengatakan di acara SID Review, Apple perlu memasarkan produk yang dapat dilipat agar segmentasi produkhigh-endini berhasil di pasaran.

Namun, tidak jelas apakah pernyataan tersebut mengacu pada semua perangkat Apple atau tidak. Mengingat, selain MacBook layar lipat, Apple juga santer dirumorkan tengah mempersiapkan iPhone lipat dalam beberapa tahun ke depan.

Pun demikian, Samsung tidak secara langsung mengatakan kalau Apple sedang menggarap MacBook layar lipat. Pabrikan asal Korea Selatan itu cuma mengatakan bahwa banyak produsen laptop tertarik membuat laptop dengan layar lipat, dan salah satu di antaranya adalah Apple.

Sebelumnya dikabarnya, MacBook layar lipat dari Apple akan direalisasikan ke publik dalam dua tahun lagi. Sementara penjualan perdananya akan terjadi pada 2026 mendatang.

 

 

Sejauh ini memang belum ada informasi yang spesifik soal MacBook lipat ini. Tapi, seperti dilansir dariAndroid Authority, laporan pada akhir tahun lalu menyebutkan kalau pengembangan MacBook lipat sudah dilakukan.

Kabarnya, layar laptop foldable ini sekitar 20,25 inci saat dibentangkan. Kalau benar, maka ukurannya jauh lebih besar dari dua laptop layar lipat yang sudah eksis sekarang.

Adapun untuk konsep desainnya, mungkin saja akan serupa dengan Zenbook 17 Fold maupun ThinkPad X1 Fold. Pengguna bisa memakainya sebagai monitor saat layar dibentangkan, dan berubah jadi laptop lebih kecil yang bisa dipasangkan dengan keyboard secara nirkabel.