Dengan Fitur Ini di Galaxy S23 Ultra 5G, Jaminan Mutu Buat Konten Malam

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Kalau tahun lalu, Samsung memperkenalkan ponsel dengan kemampuan untuk memotret Bulan, sekarang Galaxy S23 Ultra lebih jauh untuk motret bintang.

Lebih dari itu dengan peningkatan di sejumlah teknologi kameranya, Samsung menjadikan Galaxy S23 Ultra sebagai jaminan mutu untuk para penggunannya dalam meringkus gambar di malam atau kondisi temaram.

Apa saja sih peningkatan itu, mari kita bahas beberapa diantaranya.

Adaptive Pixel 200MP

Pertama kalinya Samsung meluncurkan ponsel dengan kamera 200 MP dengan sensor ISOCELL HP2. Ini adalah peningkatan signifikan ketimbang seri sebelumnya yang hanya 108 MP saja.

Sensor ini menggunakan teknologi pencitraan terbaru bernama Tetra2pixel dengan beberapa skenario pengambilan gambar yang tergantung intensitas cahaya yang diterimanya.

Selain itu bila dalam kondisi cahaya redup atau gelap, ISOCELL HP2 bisa diatur untuk mengambil gambar dengan proses 4-in-1 pixel binning yang menghasilkan foto di resolusi 50 MP.

ISOCELL HP2 membungkus 200 juta piksel berukuran 0,6μm dalam format optik 1/1,3” yang banyak digunakan di kamera 108MP.

Teknologi Tetra2pixel pada Kamera Galaxy S23 Series 5G Menghasilkan Gambar yang Minim Noise di Berbagai Kondisi Pencahayaan

 

Jadi, pengguna bisa menikmati resolusi yang lebih tinggi tanpa harus terganggu dengan kamera yang lebih besar dan lebih tebal. Tampilan belakang perangkat pun tetapsleek.

ISOCELL HP2 turut dibekali teknologi Super QPD untuk menawarkan kemampuan auto-focus yang next level, khususnya di kondisi minim cahaya.

Super QPD memungkinkan ISOCELL HP2 memakai seluruh 200 juta piksel untuk pemfokusan, jauh meningkat dibanding sensor gambar 108MP pendahulunya yang hanya bisa menggunakan 3% dari pikselnya untuk pemfokusan.

Jadi, kamera bisa melakukan auto-focus dengan lebih cepat dan lebih akurat dengan shutter lag yang lebih minim, bahkan di kondisi 1 lux yang setara dengan kondisi sebuah ruangan yang hanya diterangi sebuah lilin.

Sensor ini juga dilengkapi Dual Slope Gain (DSG) yang memungkinkan mode HDR digunakan di resolusi 50MP–saat kebanyakan smartphone hanya mendukung mode HDR di resolusi 12,5MP.

 

Hasil foto malam menggunakan S23 Ultra

 

Hal tersebut pun bisa dilakukan tanpa bantuan prosesor, di mana ini menjadi yang pertama di industri. Teknologi DSG didukung Smart-ISO Pro yang mampu menggabungkan ISO tinggi dan ISO rendah dalam satu pengaturan exposure ketika memotret di tempat dengan perbedaan pencahayaan yang kontras.

Dengan begitu, perangkat akan mendapatkan foto HDR yang lebih vivid, lebih detail, dan minim blur baik di kondisi terang, minim cahaya, maupun perpaduan keduanya.

Mode Expert RAW

Mode Expert RAW jadi salah satu fitur unggulan pada kamera Samsung Galaxy S23 Ultra. Foto dengan format RAW yang dihasilkan smartphone ini bukan cuma beresolusi 12 MP saja, tapi 50 MP!

Apa itu Expert RAW? Jadi ini  adalah aplikasi kamera Samsung yang menawarkan rentang dinamis lebih luas daripada aplikasi kamera standar.

Dengan resolusi yang lebih tinggi, para fotografer profesional lebih leluasa untuk mengedit foto yang mereka tangkap menggunakan aplikasi editing populer, termasuk Adobe Lightroom.

Dengan Expert RAW juga, para pengguna dimungkinkan memotret dengan gaya fotografi yang baru, salah satunya astrofotografi.

Astrophotgraphy

Nah relatedengan sebelumnya, pengguna pun bisa memotret langit malam dengan garis bintang yang indah menggunakan kamera Samsung Galaxy S23 Ultra.

Mode Astrophotography namanya. Mode ini memungkinkan pengguna untuk memotret langit malam yang menunjukkan konstelasi bintang.

Mode astrophotgraphy

 

Ada beberapa eksposur yang bisa dipilih, dan pastinya pengguna membutuhkan tripod untuk memotret bintang-bintang di langit. Dengan mode ini juga, pengguna pun dapat merekam video astro hyperlapse yang menunjukkan pergerakan garis bintang di langit malam.

Dengan bantuan fungsi baru di Expert RAW itu akan menjalankan beberapa proses secara otomatis untuk bisa meringkus foto bintang. Prosesnya sendiri bisa berlangsung lama tergantung pilihan, dari 4-10 menit.

Gimana tertarik untuk membelinya?

Kalau ya, Galaxy S23 Ultra 5G hadir di toko daring maupun gerai retail. Jangan lewatkan juga berbagai penawaran khusus dengan mengunjungi mengunjungi consumer launch mendatang di Pondok Indah Mall II, Jakarta pada 8-12 Maret, Grand Indonesia, Jakarta pada 15-19 Maret, dan Sun Plaza, Medan pada 29 Maret - 2 April.

Selama consumer launch, konsumen bisa menikmati penawaran eksklusif senilai total hingga Rp4.100.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G.

Keuntungan ini terdiri dari cashback hingga Rp2.000.000 untuk pembelian secara Trade-In dan Purchase with Purchase (dengan aksesori dan wearable Galaxy), cashback dari mitra bank hingga Rp750.000. Ditambah lagi mendapatkan fasilitas perlindungan smartphone Samsung Care+ selama 6 bulan senilai 899.000 dan free casing senilai 499.000.

Konsumen bisa memiliki Galaxy S23 Ultra 5G dengan harga Rp19.999.000 (12GB/256GB), Rp21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp25.999.000 (12GB/1TB).

Galaxy S23+ 5G hadir dengan harga Rp15.999.000 (8GB/256 GB) dan Rp17.999.000 (8GB/512GB).

Galaxy S23 5G tersedia dengan harga Rp12.999.000 (8GB/128GB) dan Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Informasi lebih lanjut tentang Galaxy S23 Series 5G bisa dilihat di www.samsung.com/id.