Deretan Fitur Baru Duolingo: dari Mini-Game hingga Video Call AI

pada 2 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Aplikasi belajar bahasa Duolingo belum lama ini menghadirkan sejumlah fitur baru seperti mini-game petualangan dan fitur panggilan video (video call) untuk membantu pembelajaran bahasa bagi jutaan pengguna di seluruh dunia.

Dalam konferensi tahunan “Duocon 2024’ pada 24 September 2024 lalu, platform edutech ini mengumumkan kerja samanya dengan produsen instrumen portabel, Loog.

 

 

“Fitur-fitur baru bertenaga AI ini hanyalah awal dari cara kami memanfaatkan teknologi untuk melayani komunitas pelajar global kami dengan lebih baik,” ujar Co-Founder dan CEO Duolingo, Luis Von Ahn.

Berikut beberapa fitur baru yang hadir di dalam platform Duolingo: 

Fitur Mini-Game Petualangan

Fitur terbaru pertama yang diluncurkan adalah fitur mini-game petualangan atauadventures. Pengguna dapat menjelajahi latar dan alur cerita dalam dunia Duolingo yang mengikuti beberapa karakter Duolingo seperti Lily dan Oscar. 

Caranya pun sederhana, pengguna dapat belajar bahasa di game ini melalui aktivitas sehari-hari seperti memesan minuman di sebuah kafe.

Sayangnya, fitur baru ini masih terbatas, karena fitur mini-game petualangan ini hanya tersedia untuk penutur Bahasa Inggris yang belajar bahasa Prancis, dan penutur Bahasa Spanyol yang belajar Bahasa Inggris.

Fitur Panggilan Video AI

Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk melatih keterampilan percakapan dalam suasana yang lebih realistis. Pengguna akan berdialog langsung dengan karakter Lily dan mempraktikkan semua yang pengguna telah pelajari dalam pelajaran bahasa.

Namun, fitur video call ini hanya tersedia untuk pengguna yang menggunakan Duolingo iOS dan berlangganan sebesar USD30 per bulan atau USD168 per tahun. 

Berbeda dengan fitur mini-game petualangan sebelumnya, fitur ini tersedia bagi pengguna yang ingin belajar Bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Portugis, Italia dan Jerman.

 

 

Diketahui, Duolingo telah mengembangkan resep rahasia AI selama bertahun-tahun. Duolingo sendiri telah menjalin kolaborasi dengan OpenAI sejak September 2022 untuk mengembangkan fitur pembelajaran baru menggunakan GPT-4. 

Artinya, pengguna Duolingo dapat memeriksa ulang keakuratan penjelasan dan menyempurnakan perintah yang digunakan dalam Duolingo Max.

Duolingo Max sendiri adalah versi berlangganan baru yang rilis pada bulan Maret lalu setelah Super Duolingo sebelumnya yang dapat memberikan akses kepada pengguna ke dua fitur dan latihan baru, yaitu Explain My Answer dan Roleplay. 

Baik Duolingo Max dan Super Duolingo keduanya sudah ditenagai oleh teknologi AI generatif terbaru yang disempurnakan oleh OpenAI.