Destinasi Wisata Kampung Warna-Warni Kota Malang Diperluas

pada 8 tahun lalu - by


Kampung warna-warni di Kelurahan Jodipan, Kota Malang, yang menjadi destinasi wisata baru di tengah kota itu bakal diperluas hingga perkampungan yang ada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Brantas.

Wali Kota Malang, Jawa Timur Moch Anton di Malang, Selasa mengatakan perluasan area kampung warna-warni itu nanti anggarannya dimasukkan dalam perubahan anggaran keuagan (PAK) APBD 2016.

"Perkampungan di sepanjang DAS Brantas yang berada di sisi barat juga akan kami sulap seperti yang ada di sisi timur agar terlihat indah dan eksotis," kata Anton.

Hanya saja, lanjutnya, berapa kebutuhan anggarannya masih belum ada nominal yang pasti karena masih menunggu hasil perhitungan dari Decofresh sebagai pemasok cat.

Menurut Anton, jika perkampungan yang ada di sisi barat sudah dilakukan pengecatan, kawasan itu bisa sangat menarik dan menjadi destinasi wisata baru sebagai kampung tematik.

Bahkan, rencananya pemkot setempat juga membuat wisata air di Sungai Brantas dan memberi lampu warna-warni di kawasan itu agar pada malam hari tetap tampak indah.

"Kami ingin semua kampung di kawasan DAS Brantas nantinya menjadi kampung warna-warni agar terlihat lebih indah, bersih dan tidak kumuh lagi," ucapnya.

Oleh karena itu, Anton mengimbau agar masyarakat yang bermukim di kawasan DAS Brantas bisa mengubah pola pikirnya dengan tidak lagi membuang sampah di sungai yang bisa menyebabkan banjir dan sungai menjadi kotor.

Setelah masuk dalam APBD, yang perlu diperhatikan adalah penambahan objek wisata, seperti wisata air yang memanfaatkan Sungai Brantas.

"Dulu juga ada rencana akan dibuat wisata air. Kalau kampung warna-warni ini dilengkapi dengan wisata airnya pasti akan tambah sip," ucapnya.

Kampung warna-warni di kawasan Jodipan yang digagas mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu mendapat respons positif dari masyarakat sekitar, bahkan banyak mendatangkan wisatawan, baik lokal maupun mancannegara.

BERITA TERKAIT