Deterjen Laundry Pod Berpotensi Racuni Anak

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising


Banyak anak terkena racun paket deterjenlaundry podsetiap hari. Tiga dari empat anak hasil penelitian di Amerika mengalaminya. Mereka dirawat di unit gawat darurat karena racun akibat paparan deterjen yang digunakan rumah-rumahlaundryini.

Peneliti meninjau informasi lebih dari 36 ribu anak di Amerika yang pernah teracuni deterjenlaundry podsepanjang 2012-2014. Sebanyak 10 ribu anak di antaranya terkena racun deterjen pod, sementara 26 ribu anak dari berbaga jenis deterjen lainnya.

Mereka yang paling banyak terdampak adalah anak berusia enam tahun, mencapai 94 persen. Tiga perempat dari anak-anak yang menjadi obyek penelitian positif keracunan deterjenlaundry pod, sementara lainnya akibat kontak dengan cairan atauloose powderdeterjen yang menyebabkan iritasi kulit.

Deterjen podyang biasa digunakan rumah-rumahlaundryberisiko racun empat kali lebih tinggi dibanding deterjen biasa. Deterjen jenis ini mulai diperkenalkan secara luas di dunia pada 2012.

Penulis menyarankan perlu perlindungan khusus untuk anak-anak dari paparan produklaundry. Salah seorang peneliti dari Universitas Alabama di Birmingham, Thomas Swain memaparkan temuan ini di Journal of Injury Prevention.

"Inovasi deterjenlaundry podini memang memudahkan proses mencuci, namun penggunaannya memerlukan kehati-hatian dan kewaspadaan, terutama untuk anak-anak," katanya, dilansir dariWeb MD, Rabu (7/12).

Peraturan label pada produk deterjenpodini harus dibuat dengan tampilan kurang menarik bagi anak. Ini karenapodbiasanya diproduksi warna-warni dan umumnya warna terang, sehingga sangat menarik perhatian.