Dianggap Kemahalan, Kenapa Honda EM1 e: Dijual Rp40 Juta?

pada 10 bulan lalu - by

Uzone.id- PT Astra Honda Motor (AHM) meluincurkan mtoor listrik EM1 e: pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 lalu. Saat diluncurkan, harga motor listrik ini langsung diumumkan banderolnya yang mencapai Rp40 jutaan.

Secara rinci, Honda EM1 e: dijual direntang Rp40-Rp45 juta untuk yang dilengkapi baterai Mobile Power Pack (MPP) e:. Harga dari motor listriknya sendiri dibanderol Rp30-Rp33 jutaan, sementara baterai MPP e: dijual Rp10-Rp12 juta.

Dengan harga tersebut, bagi sebagian orang banderol dari Honda EM1 e: dianggap kemahalan. Terutama bagi perusahaan seperti PT AHM yang dikenal sebagai produsen motor entry level.

Melihat hal ini, Thomas Wijaya selaku Executive Vice President Director PT AHM pun mengatakan motor listrik saat ini masih menjadi teknologi baru. Menurutnya AHM saat ini fokus untuk memberikan produk yang aman dan memiliki daya tahan sesuai kebutuhan konsumen.

"Kami melihat bagaimana kita bisa memuaskan ataupun melihat kebutuhan konsumen. Jadi kita tidak melihat secara kompetisi, tetapi bagaimana konsumen itu bisa kita penuhi, bisa beradaptasi dengan teknologi listrik yang baru," ujar Thomas di Malang beberapa waktu lalu.

"Dalam arti apa? Berarti kan juga teknologi baterainya, performa mesin, speknya, secara safety-nya, durability-nya. Itu yang menjadi concern kita," lanjutnya.

Thomas sendiri mengaku pihaknya tidak mematok angka tertentu untuk target penjualan motor listrik. Bahkan Thomas menyebutkan Honda EM1 e: tidak diciptakan untuk menjadi produk yang memiliki penjualan besar.

"Kita tidak mengejar menjadi volume maker, tetapi bagaimana konsumen itu bisa memakai motor listrik dengan nyaman, aman, dan bisa cukup durable untuk konsumen," tegasnya.

Sebagai tambahan informasi, dengan harga di atas, Honda EM1 e: dibekali dengan spesifikasi penggerak listrik In-Wheel Burshless Motor berkekuatan 1,7 kW di 540 rpm.

Baterainya sendiri menggunakan Lithium-ion dengan spesifikasi 50,26 V 26,1 Ah yang dapat dicas 0-100 persen dalam 6 jam dan dari 25-75 persen dalam kurun 2,7 jam.

Dengan spesifikasi tersebut, Honda EM1 e: mampu menempuh jarak hingga 41,1 km berdasarkan WMTC Mode. Sementara untuk kecepatan tertingginya hanya bisa berlari hingga 45 km/jam.