Dibuat dari Sampah, Sekuat Apa Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition?

pada 5 bulan lalu - by

Uzone.id -Walau Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition dibuat menggunakan material plastik daur ulang, namunsmartwatchini tetap memberikan jaminan tahan air yang impresif. DiklaimGarmin, Descent G1 Solar Ocean Edition sudah tahan air laut dengan kedalaman 100 meter.

Rian Krisna selaku Marketing Communication Manager Garmin Indonesia mengakui, kedalaman tersebut didapat dari serangkaian pengujian internal yang dilakukan oleh perusahaan.

Dengan daya tahan tersebut, Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition bisa diajak diving dengan durasi yang cukup lama. 

“Kita belum test (ketahanannya) sampai kondisi maksimal, hanya dalam kondisi normal diving saja,” katanya, saat ditanya timUzone.iddalamonline press conferencepada Selasa (22/11).

“(Dari pengujian) device kita menanganipressuresekitar 30 sampai 40 menit di kedalaman 100 meter,” sambung Rian.

 

 

Berkat ketahanan tersebut, Garmin leluasa untuk menghadirkan rangkaian fitur khusus penyelaman secara lengkap buat para pengguna yang hobidiving. Fitur-fitur ini mencakup penyelamansingledanmultiple gas(termasuknitroxdantrimix),gauge,apnea,apnea hunter, danclosed-circuit rebreather.

Turut dihadirkan pula alat navigasi penyelaman menggunakan kompas selam 3 sumbu dan sistem Multi-Band GNSS yang dapat melacak titik masuk dan keluar penyelaman di permukaan. 

Dibuat dari sampah jaring ikan

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition merupakan bentuk kepedulian perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut terhadap lautan. Rian mengatakan, Garmin memanfaatkan sampah plastik dari jaring ikan yang terbuang, yang biasanya butuh ratusan tahun untuk bisa diurai secara alami.

Sampah-sampah ini disortir dan dibersihkan, kemudian dikeringkan dan kemudian diubah menjadipellet

Pelletdiberikan warna sesuai dengan desain produk, selanjutnya digunakan untuk proses manufaktur,” terang Rian.

“Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition menggunakan jaring ikan yang terbuang yang butuh 600 tahun untuk diurai secara alami,” tambahnya.

 

 

Akan tetapi,material daur ulangini cuma diaplikasikan pada bezel dan bodi Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition saja, sementara untuk strap belum. Rian mengakui, butuh kelenturan dan bahan spesifik untuk membuat strap darismartwatch, dimana hal tersebut belum diakomodir oleh material daur ulang.

“Karena untuk strap sendiri membutuhkan kelenturan dan bahan yang sangat spesifik untuk mencapai kelenturan seperti itu,” pungkasnya.

Garmin Descent G1 Solar - Ocean Edition sudah bisa dipesan di Indonesia dengan harga Rp10.799.000. 

Selama masa pre-order pada 15 November sampai 20 Desember 2023, konsumen yang memesan akan mendapatkan Dry Bag Special Edition Garmin dan berkesempatan memenangkan undian Freediving Certification Level 1. Pemenang akan diumumkan oleh Garmin pada Januari 2024.