Dipakai Harian, Segini Konsumsi BBM Mitsubishi XFORCE

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id-Mitsubishi mengandalkanXFORCEuntuk bersaing disegmen SUV kompak yang para pemainnya ganas-ganas. Karenanya, harus ada nilai lebih agar mobil ini bisa dilirik konsumen.

Selain desain, ternyata MitsubishiXFORCEyang menggunakan mesin yang sama dengan Xpander punya konsumsi BBM yang lumayan irit ketika dipakai harian, padahal mobil ini belum disematkan teknologi hybrid.

 

 

Mitsubishi membekaliXFORCEdengan mesin berkode 4A91 berkapasitas 1.499 cc yang bisa memuntahkan tenaga 103 hp di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. Tenaga itu disalurkan melalu transmisi CVT.

Namun Mitsubishi mengklaim sudah melakukan penyesuaian karenaXFORCEadalah sebuah SUV, sehingga perlu adanya sesuatu yang lebih pada sektor torsi puncaknya.

Soal performa, mesin tersebut cenderung biasa saja. Tidak berlebih tenaganya, juga tidak kurang. Respon transmisi CVT-nya memang terlalu halus, meski torsi tetap berasa saatstop and godi kemacetan.

Tenaga yangflatbaru terasa ketika di jalan tol, ketika kecepatan sudah diatas 60 km per jam. Mobil terasa sedikit berat untuk terus diajak berakselarasi dan pedal gas harus diinjak lebih dalam.

Namun, ketika harus menghadapi tanjakan, mulai dari tanjakan landai tapi panjang, sampai tanjakan ekstrim,surprise-nya semua itu bisa dilalui mobil ini dengan mudah dan tanpa hambatan.

 

 

Memang, tenaganya biasa saja, tapikonsumsi BBMbikin lumayan irit untuk mobil bermesin bensin tanpa teknologi hybrid. Pengetesan kami mobil ini bisa mencatatkan konsumsi BBM 20 km per liter!

Detailnya, pada kondisiStop and godi kemacetan dalam kota, rata-rata catatan konsumsi BBM sekitar 12-13 km per liter. Dan saat kami gunakan di jalan tol dengan laju konstan di kisaran kecepatan 100 km per jam, konsumsi BBM bisa tembus 20,7 km per liter sebagai rekor tertinggi.

Sebagaidisclaimer, tentu saja hasil tersebut akan berbeda-beda pada setiap pengemudi dan mobilnya. Kami melajukanXFORCEdengan gaya berkendara senatural mungkin dan kondisi AC tetap nyala normal layaknya memang penggunaan harian.