Diresmikan Jokowi Hari Ini, Intip Fitur Keselamatan Underpass YIA

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Underpass YIA (Foto: Facebook)


Uzone.id- Presiden Joko Widodo akan meresmikan underpass Yogyakarta International Airport (YIA), Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Jumat (31/1/2020).

Underpass YIA merupakan underpass terpanjang di Indonesia dengan ruas jalan sepanjang 1.436 meter.

Konstruksi Underpass YIA memiliki terowongan tertutup sepanjang 1.095 meter, lebar per jalur satu arah 7,85 meter. Sedangkan tingginya 5,1 meter.

Baca juga: FOTO: Duh, Gantengnya Crossover SUV Mazda CX-30

Underpass YIA juga dilengkapi fitur keselamatan, termasuk CCTV, lampu flip flop, emergency exit delapan pintu, hingga speaker instruksi keselamatan yang tersedia tiga bahasa; Jawa, Indonesia, dan Inggris.

Speaker tersebut akan memberi himbauan kepada masyarakat agar tidak melebihi kecepatan 40 kilometer per jam, dilarang berhenti di underpass, tidak buang sampah sembarangan, dan menghidupkan lampu sepeda motor.

Untuk menghindari air menggenang atau banjir di saat hujan, Underpass YIA dilengkapi drainase air.

Underpass YIA merupakan bagian dari lintas pantai Selatan Jawa, yang membentang dari barat ke timur melewati lima provinsi. Mulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Selain Underpass YIA, sudah diselesaikan juga pembangunan Underpass Kentungan dengan panjang 900 meter. Dengan adanya Underpass Kentungan diharapkan mengurangi kemacetan di Simpang Empat Kentungan, Kabupaten Sleman.

Jokowi terbang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Kamis sore (30/1/2020) pakai Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Agenda Jokowi sebelum meresmikan Underpass YIA, beliau akan menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Gedung Taman Budaya, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Jokowi kemudian akan meninjau fasilitas YIA.

 

VIDEO Lima Pertimbangan Sebelum Beli New Hyundai Tucson 2020