'Disiksa' 14 Jam, Seberapa Awet Layar Lipat Galaxy Fold?

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Foto: (YouTube Samsung)

Uzone.id- Setelah penjualan Galaxy Fold ditunda lantaran keluhan kerusakan pada layar, ponsel lipat dari Samsung ini resmi dirilis pada 27 September 2019. Galaxy Fold hadir dengan perubahan desain dan konstruksi yang lebih tahan lama.

MengutipThe Verge, ketika ponsel seharga $ 1.980 (Rp 28 juta) diluncurkan, Samsung mengklaim telah mengetes hingga 200.000 lipatan dalam pengujian internal.

Menariknya,CNETbaru-baru ini merilis video YouTube yang memperlihatkan menguji ketahanan pada layar Galaxy Fold. CNET ingin melihat ponsel ini dapat bertahan hingga berapa kali lipatan, dan mungkin sekaligus mau menguji klaim Samsung.

Baca juga:5 Fakta Menarik Tren Kuliner GoFood 2019

NengutipCNET, SquareTrade, perusahaan yang berbasis di San Frascisco, telah mengembangkan sebuah mesin yang dapat membuka dan menutup Galaxy Fold hingga ribuan kali.

Nah,CNETmenggunakan mesin SquareTrade untuk menguji ketahanan Galaxy Fold. Sementara itu,Business Insidermengatakan ini adalah tes yang brutal selama 14 jam.

Baca juga:Demam Boba Bikin GoFood Berkah

Mesin juga menutup dan membuka Galaxy Fold dengan sangat kencang, sehingga menimbulkan suara yang keras berulang kali di video.

CNETmengatakan bahwa mereka berencana menguji hingga 200.000 kali lipatan secara terus-menerus, mengacu pada kemungkinan pengguna melipat dan membuka ponsel selama lima tahun.

Namun,CNETmengakhiri tes pada Galaxy Fold setelah 119.380 lipatan. Di angka lipatan itu, engsel Galaxy Fold rusak, dan separuh layarnya mati total. CNET juga menyebut bahwa angka lipatan tersebut setara dengan sekitar tiga tahun penggunaan.

Baca juga: SudahMatchTapi Pesan Tinder KamuGakDibalas, Apa yang Salah?

Meski demikian,CNETmemberi catatan bahwa ini bukan tes penggunaan aktual. Dalam keseharian, pengguna jelasgakakan membuka dan menutup Galaxy Fold selama berjam-jam.

CNETmelakukan tes ini untuk melihat ketahanan lipatan Galaxy Fold sebelum mengalami masalah, dan di titik mana mereka bisa mengamati masalah pada layar ponsel Samsung ini.