Dorong Digitalisasi UMKM, Lazada Seller Conference Kembali Digelar

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id– Memasuki tahun ke-5, acara Lazada Seller Conference 2023 kembali digelar dan diklaim telah diikuti 1200 penjual, khususnya UMKM. 

Dari tahun ke tahun, acara Lazada Seller Conference diikuti oleh ribuan penjual. Tahun ini, Lazada Indonesia Seller Conference 2023 hadir dengan tema ‘Ada Dukungan Suksesmu di Lazada.’

Seiring dengan target pemerintah dalam meningkatkan ekonomi digital dan membantu digitalisasi UMKM. Fitriah Rahmawati, VP Business Development Lazada Indonesia mengatakan kalau konferensi ini dihadirkan untuk memberdayakan UMKM Indonesia.

“Sesuai dengan visi dan misi Lazada untuk memberdayakan UMKM Indonesia, kami selalu berusaha mengembangkan dan membantu lagi UMKM dalam mengembangkan bisnisnya di Lazada,” ujarnya dalam sesiMedia Briefing, Jumat, (28/10).

 

 

Seller Conference 2023 ini rutin dilaksanakan agar seller di Lazada tidak hanya berjualan online namun juga semakin naik kelas ataulevel up.

“Kami ingin penjual di platform kami memperluas jangkauan pasarnya. Dan di ajang ini, itu merupakan ajang bagi para seller–tidak hanya belajar dari kita, tapi juga bisa sharing dengan seller lain yang ada disana,” tambah Sandra Puspita Dewi, Head of Seller Engagement Lazada Indonesia.

Di acara ini, Lazada turut memperkenalkan program-program unggulan mereka untuk penjual online. Beberapa diantaranya adalah Program Edukasi di Lazada berupa Lazada University dan Lazada Club.

“Lazada University menawarkan ratusan materi pelatihan yang dapat diakses oleh semua penjual sebagai bentuk dukungan dalam pemberdayaan penjual online. Lazada juga memfasilitasi para penjual untuk berdiskusi dan belajar bersama di dalam komunitas Lazada Club,” tambah Sandra.

Selanjutnya, ada juga juga program bagi penjual baru yang baru bergabung, antara lain 0 persen biaya komisi sebagai penjual baru, termasuk biaya komisi live streaming, dan biaya promosi ongkos kirim, voucher beriklan di Lazada senilai Rp300.000, serta program inkubasi dan pendampingan penjual selama 90 hari yang dilakukan oleh mentor dan ahli di kategori penjual.

 

 

Dalam ajang ini, Lazada turut memperkenalkan juga fitur ‘Shoppertainment’ dimana Lazada menghadirkan fitur kanal Lazlive serta LazGame yang ada di aplikasi Lazada. Penjual yang tergabung di Lazada juga bisa mempromosikan dan menjual produk secara live streaming dengan dukungan Laztalent, komunitas talenta digitallivestreamerdi Lazada.

Untuk mempermudah penjual dalam menentukan strategi penjualannya, Lazada juga menghadirkan fitur Seller Center untuk memberikan data dan wawasan terbaru soal tren dan pasar.

Tak hanya untuk seller saja, Lazada juga memperkenalkan fitur untuk memudahkan konsumen, seperti fitur chatbot seperti Virtual Shop Assistant / Instant Messaging Chatbot (LISA) berbasis ChatGPT, layanan customer service ADA, CLEO sebagai asisten virtual berbasis AI serta fitur kecantikan LazBeauty yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR).

Lazada Seller Conference 2023 akan digelar pada hari ini, Sabtu, (28/10) mulai pukul 14.00 WIB dan akan dihadiri oleh berbagai publik fitur ternama seperti Founder dan CEO ZM, Haikal Kamil, Founder & CMO BLP Beauty, Lizzie Parra, Jason Edward, Stefan Winata dan masih banyak lagi.