DPR-Metranet Kolaborasi Big Data demi Permudah Tampung Aspirasi Rakyat

pada 2 bulan lalu - by

Uzone.id-Pusat Teknologi dan Informasi (Pustekinfo) Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) kini bakal semakin canggih karena sudah didukungBig Datayang dikelola PT Metranet. 

PT Metranetyang merupakan anak perusahaanPT Telekomunikasi Indonesia, Tbk berperan sebagai perusahaan digital transformation enabler untuk mengakselerasi dan menumbuhkan inovasi digital.

 

 

Salah satu fungsi utama big data adalah kemampuannya untuk menganalisis data dengan skala yang besar dan kompleks.

Big Data bisa mengidentifikasi pola, tren, dan wawasan yang tersembunyi dalam data, organisasi dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan strategis.

Untuk memastikan penerapan Big Data di DPR RI berjalan dengan optimal, PT Metranet pun menyelenggarakan "Transfer Knowledge Managed Operation Service Big Data DPR RI 2024" yang digelar di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Agenda tersebut digelar untuk memastikan anggota Pustekinfo DPR RI mendapatkan pengetahuan dan memahami hasil impementasi dari Big Data agar juga dapat disosialisasikan dan digunakan oleh anggota DPR lintas komisi.

"Big Data ini merupakan salah satu teknologi baru ya, yang kebanyakan masih diwacanakan. Tapi dari DPR, harus kita mulai, jadi kolaborasi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin," ujar Djaka Dwi Winarko, Kepala Pusat Teknologi dan Informasi DPR RI saat memberikan sambutannya.

Layanan Big Data yang disediakan Metranet ini bakal menjadi senjata baru bagi Kesekretariatan DPR untuk mensuplai informasi berbasis data bagi para anggota DPR dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

"Selain berhadapan dengan pemerintah, kita juga harus mengakomodasi aspirasi masyarakat, yang sekarang ini sangat banyak sekali beredar di dunia maya, internet dan juga media sosial. Itu kan sangat penting sekali dan butuh disatukan dalam sebuah wadah yang memudahkan," tambahnya.

 

 

Dengan adanya layanan Big Data ini, diharapkan bisa semakin memudahkan kerja dan meningkatkan kinerja DPR RI, karena bisa meningkatkan efisiensi, transparansi dan optimalisasi pengambilan keputusan.

"Ke depannya, teknologi informasi, digitalisasi, big data, bahkanartificial intelligenceitu jadiconcernkami untuk mengoptimalkan beragam layanan teknologi tersebut," tutup Hendra Rahmadi Putera, Senior Manager Sales Goverment Segment Scala Metranet.