Drive Mode di Mitsubishi XFORCE Bukan Sekadar Gimmick?

pada 8 bulan lalu - by

Uzone.id-Mitsubishi XFORCE sebagai jagoan baru mengandalkan sodoran 4 mode berkendara. Dengan begitu, mobil diklaim bisa menghadapi berbagai kondisi jalan. Lalu, apakah fitur ini hanya sebatas gimmick?

Ya, ada 4 mode berkendara pada Mitsubishi XFORCE, mulai dari Normal, Wet, Gravel dan juga Mud. Namun, dari keempatnya, mode Wet dianggap paling menarik, karena kondisi jalan basah sering terjadi di Indonesia.

 

 

Kami pun berkesempatan mencoba mode Wet saat pengujian di sirkuit Proving Ground Bridgestone di Karawang, dimana permukaan aspal sudah digenangi air dan mobil dipersilahkan untuk bermanuver.

Saat mencoba mode Wet dari sebelumnya mode Normal, hal yang langsung terasa adalah setir yang jadi sedikit lebih berat, kemudian tenaga mesin yang seolah berkurang di putaran bawah, agar akselarasi tidak terlalu agresif guna menjaga traksi ban.

Hasilnya, ketika bermanuver dengan kecepatan sekitar 60 km per jam, mobil tetap stabil dikendarai dancorneringpun tetap membuat pergerakan mobil lebih presisi dan tidak melebar.

Mode Wet memang diklaim akan mampu meminimalisir kemungkinan kehilangan kendali kemudi, sekaligus memberikan kenyamanan berkendara tanpa rasa khawatir di medan jalan yang tiba-tiba tergenang air akibat hujan.

Pilihan mode berkendara tersebut terintegrasi dari Active Yaw Control (AYC), yang meningkatkan kemampuan kendali pengemudi dengan menyesuaikan tenaga penggerak pada roda depan dari kiri, dan kanan.

“Ini sebenarnya bukan mobil 4x4 tapi apabila memilih drive mode maka akan ada peningkatan fungsi dari kendaraan ini, agar bisa berjalan lebih baik lagi, daripada normal,” ujar Product Appeal Evaluation Departement Mitsubishi Motors, Masahiro Tamura di Karawang.

 

 

Salah satunya settingan gaya berkendara di permukaan jalan basah, atau genangan air. Menurutnya, mode Wet yang pertama kali disematkan pada produk Mitsubishi itu bisa melewati genanan air sekitar 30cm.

“Dan biasanya kalau pakai Normal mode, atau kendaraan biasa saat kita lewat banjir gripnya kurang sehingga lebih licin dan kendaraan kurang stabil, tapi dengan aktifkan Wet mode, control, dan grip lebih baik,” tutupnya.