Elon Musk Resmi Ubah Aturan X, Masih Bisa Kepoin Akun yang Diblokir

pada dalam 3 jam - by
Advertising
Advertising

Uzone.id —Elon Musk kembali mengubah aturan baru di X. Ya namanya juga yang punya platform, bebas untuk mengubah apa saja yang menurutnya tidak menarik.

Sebelumnya, Elon Musk sudah memberi bocoran kalau dirinya akan mengubah aturan blokir akun di X, dan beberapa pengguna di X sudah mendapatkan pembaruan tersebut pada hari ini, Kamis, (17/10).

Dilihat dari beberapa akun pengguna, mereka sudah mendapat notifikasi bahwa mulai sekarang fitur blokir tidak akan ‘menghalangi’ pengguna dari akun yang telah mereka blokir.

 

 

“Fitur blokir akan segera berubah. Jika postingan Anda diatur ke publik, akun yang telah diblokir tetap dapat melihatnya, tetapi tidak dapat berinteraksi dengan akun Anda,” tulis notifikasi tersebut.

Ini artinya, orang yang telah kalian blokir masih bisa melihat akun kalian dan mengetahui aktivitas kalian di X. Padahal inti dari memblokir akun ini adalah untuk melindungi pengguna agar akun (yang diblokir) tidak melihat dan berinteraksi dengan akun kalian. 

Tapi di tangan Elon Musk, fungsi blokir ini berubah. Akun yang diblokir tetap tidak bisa berinteraksi namun sayangnya, masih bisa membuka profil kalian. 

Satu-satunya cara untuk melindungi akun kalian adalah dengan cara mengubah aturan akun menjadi private atau ‘dikunci’. Sayangnya, hal ini berimbas juga dengan interaksi yang lain dimana pengguna tak bisa berinteraksi secara terbuka di komunitas maupun di akun-akun yang tak saling follow dengan kalian.

 

 

Fitur ini pertama kali dibocorkan Elon Musk pada September 2024, dimana dirinya akan mengubah aturan blokir.

“Sudah saatnya hal ini terjadi... Fitur blokir akan mencegah akun untuk terlibat dalam postingan publik, tetapi tidak akan mencegah mereka untuk melihat postingan publik,” kata Elon Musk dikutip dari Livemint.

Elon Musk memang sudah sangat vokal pada fitur blokir di X ini. Tahun lalu secara terbuka, Musk menyatakan bahwa fitur blokir perlu "dihilangkan" dan digantikan dengan tombol ‘mute’ yang lebih kuat. Dia juga mengatakan bahwa "Blokir akan dihapus sebagai fitur, kecuali untuk DM."