Emoji yang 'Lebih Hidup', dan Sederet Fitur Anyar di One UI 6

pada 8 bulan lalu - by

Uzone.id -Update One UI berbasis Android 14 rencananya akan digulirkan Samsung pada akhir tahun ini. Samsung Galaxy S23 Series jadi yang pertama mendapatkanmajor updateini, ditandai dengan rilisnya Beta Version dari One UI 6 untuk seri tersebut.

Sebagai pembaruan perangkat lunak, One UI 6 hadir dengan sejumlah peningkatan dibanding sebelumnya. Desain yang lebih baik, kinerja kiansmooth, banyak fitur baru, jadi sederet perubahan yang dinantikan oleh para penggunasmartphonemaupun tablet Samsung generasi terbaru.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut timUzone.idtelah merangkum deretan fitur dari One UI 6. Fitur-fitur ini terungkap setelah update One UI 6 versi Beta digulirkan untuk sejumlah perangkat Samsung Galaxy S23 Series.

Emoji lebih ekspresif

Perbandingan One UI 5 (kiri) dan One UI 6 (kanan)

MenurutAndroid Police, One UI 6 sekarang memiliki emoji dengan desain yang makin ekspresif. Bila emoji sebelumnya terasa ‘plain’ alias terlihat biasa-biasa saja, sekarang Samsung membuatnya dengan kedalaman yang lebih baik dan desain 3D yang membuat emoji-emoji ini terlihat lebih hidup.

Desain ulang emoji mungkin sepertiupgrade minordari One UI 6. Tapi sebenarnya, ini adalah peningkatan yang cukup oke, mengingat banyak pengguna menerapkan ekspresi mereka melalui emoji-emoji di keyboard.

Nama ikon lebih simple

Ikon aplikasi One UI 5 (kiri) dan One UI 6 (kanan)

iOS lebih disukai lantaran desainnya yang simple tapi fungsional. Sejumlah OS berbasis Android pun sudah ‘mengarah’ ke konsep tersebut, tak terkecuali One UI-nya Samsung.

Salah satu buktinya, di One UI 6, Samsung menyederhanakan label ikon aplikasi. Pabrikan asal Korea Selatan itu menghilangkan nama ‘Galaxy’ dan ‘Samsung’ pada sejumlah aplikasi bawaannya, menjadikan namanya lebih pendek dan mudah dikenali.

Desain baru Quick Panel

Bar notifikasi dan Quick Panel di One UI 6 kini berubah. Samsung tetap menghadirkan enamshortcutpengaturan di bagian atas yang bisa diatur posisinya. 

Tampilan berbeda akan terlihat saat bar ini digulirkan lagi ke bawah. Sekarang, ada duatoggleWiFi dan Bluetooth berukuran besar yang diletakkan sebelahan di bagian atas. Konsepnya agak-agak mirip dengan beberapa OS berbasis Android, dimana pengaturan ini jadihighlightutama.

Di bawah, ada pengaturan intensitas cahaya layar, lengkap dengan pintasan langsung untukblue light filterdan Dark Mode. Dua fitur ini juga penting, pengguna gak harus mencari-carinya di koleksitoggleQuick Settings, sekarang ada langsung di pengaturan layar.

Content Sharing

Fitur untuk berbagi file pun ditingkatkan pada One UI 6. Pengguna bisa melihat kembali foto atau video yang mereka bagikan ke pengguna lain melalui pratinjau yang muncul di bagian atas Share Panel.

Opsi sharing juga ditambahkan, dan kini kian pintar. Misalnya, saat kalian mau membagikan konten di salah satu website via Google Chrome, Samsung akan memberikan saran untuk berbagiscreenshotinformasi tersebut secara otomatis.

Kamera

Perubahan diterapkan pula pada sistem kamera.Iconographypada aplikasi kamera di One UI 6 memudahkan pengguna untuk mengatur rasio gambar dan resolusi secara terpisah.

Pengguna dapat mengatur rasio dari 3:4, 9:16, 1:1, ataufull screen, tanpa harus terikat dengan opsi resolusi dari gambar. Untuk diketahui, sebelumnya rasio dan resolusi ditaruh pada menu yang sama.

Itu berarti, pengguna gak bisa mengatur rasio gambar kalau resolusinya diubah ke tingkat yang lebih tinggi, seperti 50 MP atau 200 MP.

Di One UI 6 pula, ada fitur baru yang memungkinkan pengguna mengambil gambar via widget. Fiturnya masih agak terbatas, lantaran pengguna cuma bisa memilih salah satu kamera dan mode saja.

Misal, menggunakan kamera belakang dan mengaktifkan Portrait. Atau, menyalakan kamera selfie dan menggunakan mode Video.

Widget ini juga dapat menampilkan fito terakhir yang diabadikan, berikut informasi mode pengambilan gamba6ya g dipilih pengguna.

Tentu saja, peningkatan proses pencitraan juga diberikan pada sistem kamera One UI 6. 

Keamanan berlapis

Makin tinggi versi Android, makin kuat juga sistem pertahanannya. Begitu juga dengan One UI 6, dimana Samsung menerapkan keamanan berlapis untuk melindungi data dan aplikasi pengguna.

Auto Blocker namanya. Fitur ini mencegah instalasi aplikasi dari sumber tak dipercaya, melakukan pemindaian terhadap malware, dan mencegah perintah berbahaya yang mengancam privasi pengguna. 

Rilis akhir tahun ini

Versi Beta pertama dari One UI 6 sudah dirilis untuk trio Samsung Galaxy S23 Series. Versi yang sama juga dijadwalkan akan diluncurkan untuk beberapa Galaxy S dan Galaxy Z Series lainnya.

Dan di akhir tahun ini, update ke One UI 6 benar-benar akan digulirkan Samsung untuk ponsel flagship mereka, kemudian dilanjutkan pada kelas menengah danlow-end

DilansirSamMobile, diharapkan peluncuran One UI 6 versi stabil akan selesai sebelum akhir Q1-2024 mendatang.