Empat Tips Mencegah Bau Mulut Selama Puasa

pada 7 tahun lalu - by

Salah satu yang selalu jadi pikiran kamu selama puasa adalah bau mulut yang nggak kayak biasanya. Karena air liur berkurang, rongga mulut mengering dan efeknya bikin bau mulut kurang nyaman. Apalagi kalau selama sahur, kamu salah pilih makanan yang bikin aroma mulut makin kurang sedap.

Sebenarnya bau mulut yang nggak enak selama puasa bisa dikurangi dan dicegah dengan makanan yang kamu konsumsi. Makanya, selama puasa, apalagi waktu sahur, sebaiknya kamu perhatikan empat hal di bawah ini.

Sayur dan buah itu wajib
Sayur dan buah wajib kamu makan waktu sahur dan buka. Selain bermanfaat mencegah cepat haus, sayur dan buah bisa mengurangi bau mulut. Secara alami, sayur dan buah mampu membersihkan gigi dan menghilangkan plak di gigi yang bisa memicu bau.

Cobain baking soda
Kamu bisa coba mouthwash bikinan sendiri dengan memanfaatkan baking soda, air, dua sendok teh air lemon, dan garam. Campurkan semua bahan jadi satu, kumur, dan buang. Setelah itu kumur lagi dengan air bersih. Baking soda dan bahan campurannya tadi bisa membunuh bakteri di mulut, lho, sama seperti mouthwash.

Hindari bawang
Waktu sahur, sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak bawang. Walaupun sudah sikat gigi, aroma bawang nggak gampang hilang yang membuat bau mulut kamu jadi nggak nyaman.

Banyak minum
Dehidrasi waktu puasa bikin napas jadi nggak enak. Oleh karena itu, paksakan diri kamu untuk minum lebih banyak saat sahur dan buka. Kurang lebih sekitar 2,5 liter sampai 3 liter.

Bau mulut pas puasa bisa teratasi. Ibadah lancar, percaya diri juga nggak berkurang. Bagikan informasi ini ke teman, keluarga, atau gebetanmu, ya! Semoga bermanfaat.(kns)

 

Artikel Terkait:

PostingEmpat Tips Mencegah Bau Mulut Selama Puasaditampilkan lebih awal digregetan.