EOS R8 Jadi Mirrorless Teringan Canon, Hunting Footage Gak Ribet Lagi

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Canon EOS R8 bakalan jadi kamera dambaan para kreator konten tanah air yang gak mau ribet saat harushuntingfootageuntuk bikin karya yang berkualitas. Sebab, Canon melalui Datascrip sebagai distributor tunggalnya di Indonesia baru saja memboyong kamera mirrorless full-frame paling ringan, Canon EOS R8.

Klaim paling ringan ini memang jadi satu dari sekian banyak daya tarik yang ditawarkan Canon EOS R8. Dibanding dengan model EOS seri R dari Canon lainnya, EOS R8 menjadi kamera full-frame paling ringkas dengan bobot sekitar 461 gram.

“Kamera dengan ukuran sensor yang besar terkadang membuat bodi kamera menjadi tidak ringkas,” terang Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip.

“Namun dengan EOS R8, para profesional dapat memanfaatkan kualitas full-frame yang ringkas dan ringan, memberikan keleluasaan untuk pengambilan gambar saat menjelajah kota hingga merekam aktivitas sehari-hari,” jelasnya.

Canon EOS R8 dibekali dengan sensor gambar CMOS full-frame 24,2 MP, dimana proses pencitraannya ditunjang oleh prosesor DIGIC X. Denganchipsettersebut, pengguna bisa mengambil gambar secaraburstatau beruntun hingga 40 FPS pada mode Electronic Shutter.

Sensor kamera 24,2 MP juga turut didukung sistem Dual Pixel CMOS AF II yang menawarkan kecepatan autofokus yang cepat dan akurat.Plus, sistem autofokusnya dilengkapi pula dengan teknologi EOS ITR AF X, fitur yang dapat mendeteksi dan melacak wajah, mata, dan tubuh pada orang dan hewan (anjing, kucing, dan burung), serta kendaraan (mobil dan motor).

“Termasuk mengidentifikasi subjek lain dan mengunci subjek menggunakan karakteristik, seperti bentuk, warna, dan kecerahan,” ujar Monica.

Soal video, tak kalah mutakhir. Ringkas, tapi fiturnya segudang, kira-kira itulah yang menggambarkan kemampuan video dari Canon EOS R8. 

Kamera ini dapat menghasilkan video dengan resolusi 4K UHD pada 60 FPS tanpacropping. Mengambilfootagedi resolusi Full HD (1080p) pada 180 FPS juga bisa banget, sehingga pengguna pun dapat merekam videoslo-modengan mudah.

Merekam di resolusi tinggi juga gak bikin kameraoverheat, karena ada sistem peredaman panas yang dapat mereduksi suhu kamera saat pengguna merekam video 4K pada 60 FPS selama 30 menit.

Selain perekaman normal 8-bit, EOS R8 menawarkan opsi perekaman video dengan rentang dinamis tinggi 4:2:2 10-bit. Selain itu, adanya Canon Log 3 membuat fleksibilitas untuk alur kerjapost-prountuk pengolahan warna yang lebih profesional.

“HDR PQ memberikan rentang dinamis yang luar biasa dan warna yang indah,” klaim Monica.

Canon EOS R8 sudah dibekali juga dengan sistem stabilisasi Movie Digital IS. Stabilisasi gambar ini berbasis digital, dimana kamera akan melakukan koreksi kemiringan gambar 5 sumbu selama perekaman video.

Saat dikombinasikan dengan lensa Optical IS, kedua sistem stabilisasi akan melakukan kontrol terkoordinasi untuk hasil gambar yang lebih stabil.

Fitur Canon EOS R8 lainnya

Sejumlah fitur pendukung dihadirkan Canon pada EOS R8, seperti Focus Breathing Correction yang berfungsi untuk mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus.

Kemudian False Colors and Zebras yang berfungsi untuk memudahkan pengguna saat menyesuaikan tingkat kecerahan tertentu, termasuk pencahayaan yang tidak mendukung. 

Aspect Marker Display, UVC (USB Video Class), sampai UAC (USB Audio Class) juga sudah didukung Canon EOS R8. Ketiga fitur tersebut membuat pengguna bisa menyesuaikan rasio video, melakukan transmisi audio dan video Full HD secara langsung ke PC hanya dengan USB saja.

Kamera ini juga dilengkapi dengan Multi-Function Shoe dan tampilan digital interface yang menghadirkan pengaturan digital tanpa kabel dengan aksesori yang kompatibel, seperti mikrofon eksternal. 

Untuk pengoperasian, tersedia LCD layar sentuh berukuran 3,0 inci yang bisa digunakan untuk pemilihan titik AF, AF sentuh, rana sentuh, pemilihan menu, kontrol cepat, pembesaran, dan lainnya.

EOS R8 dilengkapi dengan konektivitas yang beragam, seperti port USB C, Bluetooth, dankoneksi WiFi yang bisa digunakan untuk transfer data, kontrol jarak jauh dengan aplikasiCamera Connect.

Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM untuk Canon EOS R Series

Pada saat bersamaan, Canon juga menghadirkan lensa zoom RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM. Lensa ini adalah salah satu lensa zoom dengan mounting RF yang ringan dengan bobot hanya sekitar 210 gram dan panjang 5,8cm saat ditarik. 

Walaupun ringan, lensa ini mampu mencakup tampilan sudut lebar hingga standar pada kamera full-frame dan menawarkan fleksibilitas komposisi yang membedakannya dari lensa denganfocal lengthberukuran serupa.

Dilengkapi dengan Optical IS 4,5 stop, lensa ini juga mampu mencapai stabilisasi gambar hingga 7,0 stop melalui Coordinated Control IS apabila digunakan dengan kamera sistem EOS R yang dilengkapi dengan In-Body IS.

Harga dan ketersediaan

Canon EOS R8 dengan lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM sudah tersedia di Indonesia. Berikut rincian harga Canon EOS R8, berikut dengan lensanya:

  • Canon EOS R8 Bodi: Rp31.299.000
  • Canon EOS R8 dan lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp 35.799.000
  • Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp5.499.000

Datascrip turut memberikan promo khusus hingga 31 Mei 2023 mendatang dengan memberikan diskon Rp5,3 juta untuk bodi Canon EOS R8 dan Rp5,8 juta untuk kamera dan lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM.

Setiap pembelian pun, Datascrip memberikan baterai LP-E17 secara cuma-cuma. Dan lagi, pengguna pun mendapatkan jaminan garansi selama 2 tahun. 

Apabila konsumen memiliki masalah dapat langsung membawanya ke service center yang tersebar di kota – kota besar di Indonesia. Layanan ini memberikan nilai lebih untuk konsumen agar semakin aman dan nyaman dalam menggunakan produk Canon.