Facebook Disebut Mau Bikin Mata Uang Virtual Sendiri

pada 6 tahun lalu - by

Facebook mulai memandang serius mata uang virtual ataucryptocurrencyyang hangat dibicarakan di industri teknologi dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan,platformmedia sosial itu dikabarkan berencana menciptakan sendiri mata uang kripto.

Menurut laporanCheddarmengutip sumber terdekat dengan isu ini, perusahaan dikatakan fokus pada penggunaancryptocurrencykhusus untuk memfasilitasi pembayaran diplatform. Facebook juga disebut sedang menyelidiki cara lain dalam memanfaatkan mata uang digital dan teknologiblockchainyang mendasarinya.

Idecryptocurrencybukan hal baru bagi Facebook. Rencana ini semakin terlihat setelah Facebook merombak struktur eksekutifnya dan membentuk divisi barublockchainbeberapa waktu lalu.

Blockchain, sistem penyimpanan catatan yang terdesentralisasi, dapat membantu mengatasi beberapa masalah yang mengganggu Facebook, seperti verifikasi identitas atau penjualan iklan. Teknologi ini juga dimanfaatkan mata uang kripto.

"Seperti banyak perusahaan lain, Facebook sedang mengeksplorasi cara untuk memanfaatkan kekuatan teknologiblockchain.Tim kecil baru ini akan menjelajahi banyak aplikasi yang berbeda," kata juru bicara Facebook seperti dikutipThe Verge.

Sayang, Facebook enggan berkomentar banyak perihal rencananya membanguncryptocurrencysendiri.

DivisiblockchainFacebook sendiri bakal dipimpin oleh wakil presiden Facebook Messenger, David Marcus. Mantan CEO PayPal itu punya pengalaman di bidangcryptocurrency, karena ia saat ini menjabat di dewan perdagangan bitcoin di CoinBase.