Facebook Punya Giphy, Google Kuasai Tenor, Apple Beli Apa?

pada 4 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Di tengah pandemi, gak berarti Facebook menunda untuk memiliki mesin pencari GIF terkemuka bernama Giphy. GIF adalah komunikasi visual popular, sudah dirasakan oleh Google.

Menurut catatan, tepat dua tahun yang lalu, Google sudah terlebih dahulu mengakuisisi mesin penyedia GIF bernama Tenor.

Tenor merupakan situs pencarian GIF, baik di desktop maupun mobile. Saat itu, Tenor mengklaim pengguna mereka mencapai 300 juta pengguna dengan pencarian hingga 12 miliar GIF per bulan.

Dalam blog resmi Google, Director of Engineering Google Imager Cathy Edwards menjelaskan dengan koleksi konten yang beragam, Tenor dapat memunculkan GIF yang sesuai dengan suasana hati.

"Tenor akan membantu kami melakukan hal ini dengan lebih efektif di Google Images serta produk lain yang menggunakan GIF, seperti Gboard," ujarnya.

Baca juga:Buat Apa Facebook Akuisisi Giphy Sampai Triliunan Rupiah?

Perusahaan ini menjadi terkenal dengan cara monetisasi konten GIF. Beberapa merek ternama bergabung untuk melakukan monetisasi dalam platform mereka seperti Dunkin Donuts dan Starbucks.



CEO Tenor David McIntosh mengungkapkan aksi akusisi ini memungkinkan perusahaan melakukan peningkatan layanan.

"Tenor akan terus beroperasi sebagai merek terpisah untuk melayani pelanggan lebih baik, dan saya akan terus memimpin tim Tenor bersama pendiri lainnya, Erick Hachenburg dan Frank Nawabi," jelasnya.

Baca juga: Kisah Alex Chung Bangun Kerajaan Giphy

Facebook pun baru melancarkan aksinya akhir pekan lalu, dengan menguasai aset Giphy dengan nilai USD 400 juta atau setara Rp 5,4 Triliun.

Jelas, layanan antara Google dan Facebook akan menggunakan mesin pencari GIF yang berbeda.

Nah, Apple pun harus bersiap karena layanan mereka seperti iMessage harus diputuskan akan menggunakan yang mana. Sejauh ini sih, mereka masih menggunakan Giphy.

Kecuali memang Apple berniat membeli mesin pencari GIF sendiri. Kira-kira apa ya?