Menikah Muda, Mengapa Banyak Anak Muda Kini Berani Melakukannya?

pada 7 tahun lalu - by

Akhir - akhir ini fenomena menikah muda sedang ramai menjadi perbincangan. Yang disebut menikah muda itu sendiri pada masa kekinian adalah yang dilakukan kurang dari atau sama dengan 20 tahun.

Seperti dikatakan Anggia Chrisanti, konselor dan terapis di Biro Konsultasi Psikologi Westaria, banyak pendapat dan pandangan yang menjadikan menikah muda sesuatu yang baik dan kini bahkan lebih mudah dilakukan. Sehingga banyak orang atau generasi muda saat ini yang meyakini dan ingin melakukannya.

Beberapa pandangan tersebut antara lain diuraikan kembali oleh Anggia sebagai berikut:

1. Menghindarkan dari perbuatan dosa sebagai akibat dari "kehidupan bebas".

Tidak dapat dipungkiri, bahwa tantangan anak muda zaman now sungguh luar biasa. Khususnya di negara yang menganut adat ketimuran seperti Indonesia. Antara lain disebabkan oleh munculnya era digital yang kehadirannya tidak bisa kita nafikan. Namun seperti kebanyakan hal di dunia, era digital adalah pisau bermata dua. Era digital sebagai akses semua informasi dengan mudahnya dapat diterima oleh siapapun. Juga menjadi salah satu tantangan dalam hal bercampur baurnya antara perempuan dan laki - laki, meski bahkan tidak harus saling bertemu langsung. 

Ini menjadi salah satu alasan untuk menyegerakan menikah, apabila dirasa bagi satu dan kedua pihak (pasangan) laki - laki dan perempuan khawatir tidak dapat menjaga diri.

2. Apalagi jika, khususnya pihak laki - laki sudah cukup merasa mampu untuk memberikan nafkah lahir dan batin.

Karena tidak dapat dipungkiri, di era digital ini pula betapa kemudian muncul banyak aktivitas dan profesi baru yang dapat dijalani oleh bahkan anak - anak muda. Sehingga di usianya yang masih belia, mereka sduah dapat memiliki penghasilan sendiri. Ini menjadi slaah satu hal positif dari munculnya era digital, yang menjadi salah satu solusi atau dorongan anak muda untuk menikah muda.

3. Era digital memudahkan pendidikan dan karier.

Dan bahkan bagi perempuan, juga laki - laki, dengan mudah saat ini dapat mengakses pendidikan dan karier hingga pernikahan di usia muda bukan lagi jadi penghalang dalam meraih mimpi dan cita - cita.

(wida / wida)

Sumber :tabloidbintang.com

Berita Terkait :

Aplikasi Ini Menyebut Zodiak yang Paling Sering Bercinta di Tahun 2017

Pretty Asmara: Sedihnya Ketika Saya Nggak Bandel, Dijebak

Tegaskan Dirinya Bukan Pengedar Narkoba, Pretty Asmara Siap Sumpah Pocong