First Drive Chery Tiggo 5X, Selayak Apa jadi Calon Mobil Rakyat?
Uzone.id-Cherybaru saja memperkenalkan SUV terbarunyaTiggo 5X, yang juga jadi mobil termurahnya di Tanah Air, sekaligus digadang-gadang sebagai calon kandidatProgram Mobil Rakyat.
Kami pun berkesempatan untuk mencoba langsungTiggo 5Xuntuk merasakan seperti apa kelayakannya untuk menjadi mobil rakyat, Apakah hanya mengandalkan harga murah? Seharusnya, tidak..
Desain lumayan
Kami tidak bisa mengatakan desainnya kurang bagus, meski tanpa gaya serba tajam dan sipit seperti mobil-mobil Chery kekinian. Namun, cita rasa khas Tiggo series memang kental terlihat dari desain seperti ini.
Terutama bagian grill depan dengan motif berlian yang berkesan mewah seperti kakak-kakaknya di keluarga Tiggo series. Lampu utamanya besar, kemudian bumper yang dibuat terlihat berotot.
Di bagian sampaing, terdapat over fender, side skirt, juga roof rail untuk menegaskan kesan sebuah SUV. Untungnya, desain bagian belakang terlihat lebih keren dengan desain lampu kombinasi yang menarik.
Masuk ke dalam kabinnya, juga tersuguh nuansa Tiggo Series, terutama pada bagian dasbor. Jarang sekali kami melihat material yang berkesan murahan, semuanya terlihat rapih dan berkesan mewah.
Apalagi pada tipe tertinggi ini, juga tersedia sunroof electric. Meski sayang, pengaturan joknya belum elektrik. Namun, setirnya sudah bisatiltdantelescopicsehingga cukup mudah mencari posisi duduk ideal.
Impresi berkendara
Chery Tiggo 5X dibekali mesin berkapasitas 1.500cc non turbo. Untuk dimensi nya yang ringkas, sepertinya mesin tersebut sudah cukup baik. Tenaga yang dihasilkan sebesar 112 Hp dan torsinya 138 Nm.
Di atas kertas, tenaga tersebut mirip-mirip dengan mobil-mobil sejenis yang juga menggunakan mesin 1.500cc. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT.
Seperti dugaan kami, mudah saja mesin sebesar itu untuk menggerakkan mobil ini. Akselarasinya terasa ringan dan berisi. Memang, sesekali terdengar mesin meraung untuk mengail tenaga, namun itu masih wajar karena transmisinya CVT.
Diajak berakselarasi, mobil ini juga cukup gesit. Suspensinya punya karater keras khas SUV, sehingga pergerakan dan manuvernya menjadi lincah dan minim limbung.
Asiknya, Chery juga mengakalinya dengan menyematkan ban dengan profil tebal, sehingga redaman suspensinya ketika menghadapi jalanan bergelombang atau jalan rusak, tidak terlalu mengguncang kabin.
Respon setir juga baik dan presisi, meski kami merasakan feeling yang agak aneh pada rem. Rasanya seperti terlalu dalam, sehingga sulit mendapat feeling yang baik terhadap pengeremannya.
Fitur lengkap
Mulai dari sistem hiburan kabinnya berupa layar sentuh 10,25 inci yang sudah terintegrasi dengan kamera 360, juga MID 7 inci dengan tampilan digital dan dan sistem voice assistant.
Lalu multi color pada ambient light, dan Power Sunroof, juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan canggih seperti 6 airbag dan ADAS (Advanced Driving Assistance Systems) terbanyak di kelasnya.
Mobil ini juga dilengkapi pengereman ABS, EBD, BAS, dan brake override system, lalu ada terdapat TCS, ESP, hill start assist, dan hill descent control.
Tak sampai itu saja, masih ada tire pressure monitoring system (TPMS), enam airbag, ISOFIX, sampai vehicle body anti thef.
Kesimpulan
Secara keseluruhan, mobil ini cukup nyaman untuk penggunaan harian di perkotaan. Gesit dan lincah, akselarasi lumayan rsponsif. Kabin luas meski dimensi mobilnya kecil dan pastinya punya ground clearence tinggi khas SUV sehingga asik diajak ke segala kondisi.
Apalagi dengan banderol yang juga terjangkau, paling mahal tipe Champion dihargai Rp299 juta dan tipe termurahnya, Classic dibanderol Rp269 juta.
Dan, harga tersebut masih dipotong diskon harga spesial Rp20 juta. Jadi, tipe termurahnya hanya Rp249 jutaan. Pas untuk dijadikan sebagai andalan di program Mobil Rakyat nih..